Kartu Tani Untuk Kelompok Tani Sari Bumi I

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Ibnu / gemantar.desa.id

KARTU TANI

Alat transaksi berupa kartu debit ( pengambilan uang ) BRI yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi dan dapat digesek pada EDC BRI yang ditempatkan di Distributor pupuk itulah pengertian dan fungsi dari Kartu Tani. BRI bekerjasama dengan Pemerintah, khususnya Provinsi Jawa Tengah untuk menyalurkan Kartu Tani.

Pada tanggal 7 Januari 2017, kartu Tani mulai disalurkan kepada para petani di Desa Gemantar khusunya Kelompok Tani Sari Bumi I yang berada di Dusun Blewah. Mengawali tugas Ratna Nugraheni dan Medhias Ramadhan, petugas dari BRI Unit Singodutan Kanca Wonogiri memberikan penjelasan tentang manfaat Kartu Tani yaitu :

  1. Membantu pemerataan distribusi pupuk bersubsidi bagi para petani yang berhak mendapatkanya sehingga penyaluranya dapat tepat sasaran.
  2. Dapat lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi diseluruh agen / kios yang ditunjuk sehingga proses tanam petani tidak terganggu akibat kesulitan mendapatkan pupuk.
  3. Mempermudah memperoleh pembiayaan bank BUMN melalui Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) dengan bunga terjangkau.

Dalam kesempatan yang sama juga disarankan bagi petani yang sudah terdaftar tetapi belum bisa hadir mengambil Kartu Tani maka bisa datang ke BRI Unit Singodutan dengan membawa KTP asli pada jam kerja, bagi petani yang belum terdaftar bisa menghubungi PPL setempat dan Dipertan.

Kartu Tani bisa difungsikan sekitar bulam Maret 2017, hal tersebut menunggu proses distribusi Kartu Tani selesai, diprediksi sekitar bulan Maret 2017 akan selesai. Ketua Kelompok Tani Sari Bumi I Heri Trismiyanto berharap agar program Kartu Tani bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan petani di kelompoknya.

About gemantar-wonogiri 156 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.