Baru 20 Persen Desa di Wonogiri Yang Punya BUMDes

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi

Baru 20 Persen Desa di Wonogiri Yang Punya BUMDes

70
261016-aris-wng-foto-baru-seperlima-desa-miliki-bumdes2
Joglosemar | Aris Arianto
DIKELOLA BUMDES—Komplek air terjun Kalikotak yang dikelola BUMDes Semagar, Kecamatan Girimarto mulai banyak dikunjungi wisatawan. Foto diambil Selasa (25/10/2016).

 

WONOGIRI—Hingga saat ini baru sekitar 20 persen desa di wilayah Kabupaten Wonogiri yang telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sementara, BUMDes yang tergabung dalam satu jalinan kerja sama komunal baru ada satu buah.

Jumlah desa di Kabupaten Wonogiri tercatat 251 desa. Dari jumlah tersebut, desa yang telah memiliki BUMDes baru ada 45. Sehingga, sebagian besar justru belum memiliki BUMDes.

“Baru ada seperlimanya. Kemudian untuk BUMDes yang telah tergabung dalam jalinan kerja sama komunal baru ada satu di Kecamatan Girimarto,” ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Wonogiri, Semedi Budi Wibowo melalui Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Totok Sugiyarto, Selasa (25/10/2016).

Menurut Totok, sebenarnya bukan masalah jika desa tak membentuk BUMDes. Karena biasanya, BUMDes hanya dimiliki oleh desa yang punya potensi unggulan. Dengan potensi itu diharapkan bisa mendatangkan manfaat terutama dari sisi ekonomi. Upaya memaksimalkan manfaat itu adalah melalui BUMDes. “Jadi desa tidak wajib membentuk BUMDes,” sebut dia.

Kendati demikian, pihaknya berharap desa yang mempunyai potensi untuk segera membentuk badan tersebut. Pasalnya diakui dia cukup banyak desa berpotensi di Wonogiri, yang akan sangat disayangkan jika tidak tergarap maksimal. “Kami memberikan pendampingan bagi pelaku atau calon pelaku BUMDes,” ujar dia.

BUMDes bisa mempunyai jenis usaha yang cukup variatif, mulai simpan pinjam, desa wisata, peternakan, perikanan, dan lainnya.

Sekretaris BUMDes Semagar Kecamatan Girimarto, Sularti mengungkapkan, pihaknya mengelola potensi alam yang dipunyai desanya. Desa Semagar yang berada di lereng Lawu sisi selatan itu disulap menjadi kawasan wisata alam, di antaranya air terjun Kalikotak, Watu Sumyang, dan hutan pinus. Kawasan tersebut menjadi satu dalam komplek Karangtalun. “Setiap hari sudah ada pengunjung. Kalau Sabtu dan Minggu (pengunjung) cukup banyak,” ungkap Sularti. n Aris Arianto

About gemantar-wonogiri 156 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.