SARASEHAN DAN SOSIALISASI PENDIRIAN PABRIK DI GEMANTAR

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Jack / gemantar.desa.id

PT. Bandung Indah Gemilang mengundang Muspika, Pemerintahan Desa Gemantar beserta masyarakat Desa Gemantar di RM. B. Mutiara Nambangan (7/4/2017) guna mengikuti sarasehan dan sosialisasi pendirian pabrik di Desa Gemantar kecamatan Selogiri.

Paulus Andrie H. Selaku Direktur perusahaan garment tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa pencarian lahan untuk pembangunan pabrik terbagi menjadi tiga tahap. Saat ini sudah memasuki tahap kesatu dan mendapatkan lahan seluas 3,2 Ha, tahap kedua direncanakan akan memperluas sebesar 4,5 Ha, untuk tahap ketiga ditargetkan bisa mencapai 10 Ha. Paulus tertarik mengembangkan usahanya di Kabupaten Wonogiri karena Wonogiri sebagai Kabupaten terluas nomor dua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Pati, diharapkan perolehan tenaga kerja bisa terpenuhi.

Camat Selogiri Heru Istianto dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kecamatan Selogiri merupakan tempat strategis untuk pelaku usaha karena memang letak secara geografis sangat menguntungkan, terlepas hal itu Camat selogiri menegaskan bahwa investor harus mentaati terkait regulasi / perijinan, prioriatas tenaga kerja dari masyarakat sekitar, pertimbangan kearifan lokal di wilayah tersebut dalam pendirian pabrik.

Ditengah-tengah sarasehan juga diberikan kesempatan kepada masyarakat yang hadir untuk mengajukan pertanyaan dalam acara usul saran. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Ketua RW 01 Dusun Nanggan, ada tiga hal yang disampaikan oleh Maksum yaitu kebutuhan air bersih warga, antisipasi limbah dan rekrutmen tenaga kerja. Pihak pabrik menjawab bahwa pabrik tidak menggunakan volume air dalam jumlah besar karena air bukan untuk proses produksi tapi hanya untuk kebutuhan MCK. “Untuk limbah sendiri hanya sebatas limbah padat jadi warga tidak perlu khawatir soal pencemaran air” : Ungkap Paulus.

Rencana rekrutmen tenaga kerja sementara diambilkan dari luar Kecamatan Selogiri mengingat kebutuhan tenaga ahli sejumlah 500 orang – 1000 orang pada awal pendirian pabrik nanti, sedangkan masyarakat sekitar nantinya bisa mendaftar sesuai dengan skill yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Gemantar Sunarno menegaskan, bahwa pihak investor diminta untuk memberikan solusi terhadap pemilik tanah sekitar yang tanahnya tergenang air akibat proses pengurukan lahan pabrik. Hal senada juga disampaikan oleh Sriyono (Ketua BPD Desa Gemantar), agar pihak investor mengamati lingkungan sekitar dulu sebelum melakukan pembangunan lebih lanjut agar segala kemungkinan bisa diantisipasi.

Sarasehan yang diawali pukul 15.00 WIB dan berakhir pukul 16.15 WIB tersebut menyisihkan beberapa hal sebagai agenda sosialisasi berikutnya, diantaranya :

  1. Sosialisasi kepada Masyarakat.
  2. AMDAL
  3. Tenaga kerja prioritas masyarakat desa sesuai skill
  4. Kompensasi ke desa masuk ke APBDES
  5. CSR
About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan