Delineasi Batas Desa / Kelurahan Secara Kartometrik

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi

Pemerintah Kabupaten Wonogiri melaksanakan temu kerja dan sosialisasi pelaksanaan Delineasi batas desa / kelurahan yang bertempat di Pendopo Kecamatan Wonogiri pada hari Rabu (19/4). Dalam sosialisasi ini di ikuti Kepala desa dan Lurah dari 6 kecamatan di wilayah kerja Kabupaten Wonogiri. Konsultan Pelaksana delineasi batas desa/ kelurahan yaitu dari PT. GeoMosaic Indonesia, sebuah perusahaan yang berkedudukan di kota Surabaya yang bergerak dalam bidang survey pemetaan dan pendataan. Sasaran temu kerja yang dimulai pukul 08.30 WIB tersebut diantaranya :

  1. Mempertemukan peserta terdiri dari SKPD terkait batas desa, para Camat, Kades dan Lurah.
  2. Tersampaikannya rencana pekerjaan kepada seluruh peserta rapat temu kerja.
  3. Tersampaikannya aspek legal dan aspek teknis penataan batas Desa / Kelurahan kepada SKPD terkait dan para Camat sehingga dapat mendukung dan dapat berperan aktif dalam melaksanakan percepatan penataan batas desa / kelurahan.
  4. Koordinasi sehingga dapat disepakati jadwal dan tempat pelaksanaan delineasi batas desa / kelurahan secara kartometrik pada masing-masing kecamatan yang menjadi lokasi pekerjaan.

Maksud kegiatan ini adalah untuk mendapatkan garis batas wilayah administrasi Desa / Kelurahan berdasarkan hasil kesepakatan, melalui delineasi batas secara kartometrik. Delineasi batas Desa / Kelurahan adalah kegiatan penentuan garis dan titik-titik koordinat batas desa / kelurahan yang dapat dilakukan dengan metode kartometrik dan survei dilapangan, yang dituangkan dalam bentuk peta batas dengan daftar titik-titik koordinat batas Desa / Kelurahan. Metode Kartometrik adalah penelusuran / penarikan garis batas pada draft peta kerja dan pengukuran / perhitungan posisi titik, garis, jarak dan luas cakupan wilayah dengan menggunakan peta dasar dan informasi geospasial lainnya sebagai pendukung.

Tujuan dari delineasi batas desa / kelurahan adalah menyajikan peta kerja batas wilayah administrasi desa / kelurahan beserta titik-titik koordinat batas dalam sistem referensi nasional. Usud, tenaga konsultan dari PT. GeoMosaic Indonesia menjelaskan tahapan dari delineasi yaitu ; temu kerja dengan menyiapkan draft peta kerja, diskusi desa / kelurahan untuk revisi batas indikatif pada draft peta kerja, delineasi (penarikan batas) tiap segmen antar desa, menentukan hasil dengan diselesaikannya draft peta kerja yang telah ditanda tangani dan distempel juga disertai berita acara.

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan