Terbagi Dalam 5 Angkatan, 251 Desa Mengikuti Bimbingan Teknis

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Ibnu / gemantar.desa.id

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis penyusunan perencanaan, penatausahaan dan pengelolaan aset desa bagi Perangkat Desa Angkatan Pertama, yang di ikuti 46 desa dari 6 Kecamatan, bertempat di Ruang Gajah Mungkur Setda Kabupaten Wonogiri, Selasa (25/04/2017).

Sesuai dengan paradigma baru Otonomi Daerah, Desa mempunyi peranan yang sangat strategis sehingga diperlukan perhatian yang serius dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Terbitnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengatur pelaksanaan Pemerintahan Desa saat ini, oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten saat ini mempunyai kewenangan untuk melakukan pembinaan pengelolaan Aset Desa.

Aset Desa merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, yang perlu dikelola secara tertib, berdayaguna dan berhasil guna untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Desa serta meningkatkan Pendapatan Desa. Dalam rangka terwujudnya tertib pengelolaan aset yang ada sesuai dengan asas kepentingan umum, fungsional, kepastian hukum, keterbukaan, efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan kepastian nilai ekonomi, serta sebagai wujud pembinaan dan pengawasan kepada Pemerintahan Desa khususnya di bidang pengelolaan keuangan desa dan pendayagunaan Aset Desa. Pemerintah Kabupaten perlu membekali para Perangkat Desa yang ditunjuk sebagai pengurus barang milik desa sehingga pengelolaan Aset di desa bisa dilaksanakan secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Maksud diselenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendampingan Desa bagi Perangkat Desa dalam penyusunan perencanaan, penatausahaan dan pengelolaan aset desa, agar bisa memahami dan mengaplikasikan pengelolaan aset desa dengan perencanaan maupun penatausahaan keuangan di desa.

Tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman / pelatihan sekaligus kedepan peran para Perangkat Desa yang ditunjuk sebagai pengurus barang milik desa bisa melaksanakan tertib administrasi pengelolaan aset di desa.

Bimbingan teknis penyusunan perencanaan, penatausahaan dan pengelolaan aset desa bagi Perangkat Desa angkatan pertama dijadwalkan hingga hari Kamis, tanggal 27 april 2017. “Bimbingan Teknis angkatan pertama ini dilaksanakan selama tiga hari ”, ungkap Mustaqim, S.Sos, Kasi Pembinaan Aset Desa Bidang Pemdes. Setelah Bintek selesai, diharapkan petugas pengelolaan aset / barang milik desa di masing-masing desa bisa melaksanakan tugasnya dengan lebih baik. “ Terkait pengelolaan aset / barang milik desa, setiap tahun Kepala Desa harus membuat SK tentang Pengelola barang milik desa “, imbuh Mustaqim saat ditemui sebelum acara bintek.

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan