PENYULUHAN KESEHATAN JIWA DAN PENYAKIT TIDAK MENULAR SERTA NAPZA

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Jack / gemantar.desa.id

PENYULUHAN KESEHATAN JIWA DAN PENYAKIT TIDAK MENULAR SERTA NAPZA

Acara yang dihadiri oleh perangkat desa tokoh masyarakat kader kesehatan dan perwakilan dari karang taruna pada jumat 18 april 2017 tersebut dibuka langsung oleh Sri Sularti dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri.

Bertempat di ruang pertemuan desa Gemantar penyuluhan tersebut terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama disampaikan langsung oleh Sri Sularti mengenai penjelasan secara umum tentang kesehatan jiwa dan mengenali secara dini ciri-ciri gangguan kejiwaan yaitu diantaranya susah tidur (insomnia), mudah setres (marah2), sulit bersosial dan depresi.

Sesi kedua diisi oleh Rahayu Fitri mengenai program pengendalian penyakit menular dan tidak menular. Pada sesi ini disampaikan beberapa penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat selogiri pada umumnya yaitu obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes dan penyakit jantung. Pada kesempatan ini juga banyak ditekankan tentang pola hidup yg sehat, yaitu cukup gizi, cukup olahraga dan cukup istirahat. Masyarakat diharapkan bisa lebih rutin mengecek kesehatannya. Ibu Rahayu Fitri juga berharap didesa gemantar nanti segera memiliki POSBINDU (pos pembinaan terpadu). POSBINDU adalah suatu bentuk pelayanan yang melibatkan peran serta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular.

Pada sesi terakhir ibu anik suryanti menyampaikan efek penyalahgunaan NAPZA. Napza adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang ( pikiran, perasaan dan perilaku ) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Yang termasuk dalam Napza adalah : Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya. Masyarakat diharapkan ikut berperan aktif mengawasi beredarnya Napza yang sangat mengancam remaja dan para pemuda  pada umumnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri berharap apa yang sudah disampaikan dalam penyuluhan trsebut jg bisa tersampaikan kepada seluruh masyarakat gemantar.

About gemantar-wonogiri 156 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.