Jadwal Dan Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke – 276 Tahun 2017

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi

Sejarah terjadinya pemerintahan di kabupaten Wonogiri sangat penting artinya bagi penguatan masyarakat Kabupaten Wonogiri dan sebagai identitas daerah dengan segala kekayaan adat dan budaya daerah. Setelah melalui penelitian mendalam yang melibatkan berbagai stake holder diketahui bahwa cikal bakal pemerintahan di kabupaten Wonogiri  pada tanggal 19 Mei 1741 dan ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Wonogiri. Dengan ditetapkannya Hari Jadi Kabupaten Wonogiri merupakan sumber kebanggaan sebagai pendorong kemajuan dan pembangunan Kabupaten Wonogiri.

Hari Jadi itu sendiri sebenarnya merupakan jati diri dan menjadi titik tolak untuk melihat ke masa depan dengan pembangunan yang berkesinambungan yang berpedoman pada Stabilitas, Undang-Undang, Koordinasi, Sasaran Evaluasi Dan Semangat Juang (SUKSES).

Tahun penetapan Hari Jadi Wonogiri yang bertepatan pada tahun 1741 di wujudkan dalam simbolisasi berupa kata-kata berbahasa Jawa yang sarat makna dan nilai luhur yang disebut Surya Sengkala. Sehingga Tahun 1741 mempunyai suryasengkala “Kahutaman Sumbering Giri Linuwih”.

Memiliki arti dan makna :

Kahutaman (memiliki simbol angka 1)         : Keberanian, yang didasarkan keluhuran budi untuk

kepentingan rakyat banyak.

Sumbering (memiliki simbol angka 4)          : Sumber – Kekuatan

G i r i (memiliki simbol angka 7)                    : Gunung – Wonogiri

Linuwih (memiliki simbol angka 1)               : Tertinggi, Luhur

Maksud suryasengka ini adalah “Dengan keberanian atas dasar keluhuran budi, tekad dan semangat, segala tujuan luhur akan tercapai.” Hal ini pernah dialami oleh Raden Mas Said / Pangeran Sambernyawa sewaktu menentang penjajah, sehingga sampai terdesak dan makuwon/ bertempat dan mengungsi di desa Nglaroh.

Keteladanan sikap dan sifat kahutaman (keberanian dan keluhuran budi) Raden Mas

Said sangat penting untuk dilestarikan, diteruskan kepada generasi sekarang dan akan  datang sebagai wujud penghormatan dari sejarah yang dimiliki Kabupaten Wonogiri sekaligus memberikan sikap keteladanan dalam mengisi pembangunan.

Sehubungan dengan hal tersebut dalam rangka melestarikan Nilai-nilai Perjuangan Raden Mas Said diatas, setiap tahun Pemerintah Kabupaten Wonogiri beserta seluruh komponen warga masyarakat memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonogiri.

 

 

sumber: www.humas.wonogirikab.go.id

About gemantar-wonogiri 156 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.