Kelompok Tani Ternak Karya Makmur, Maju Lomba Tingkat Provinsi Mewakili Kabupaten Wonogiri

Kelompok Tani Ternak (KTT) Karya Makmur yang berada di Dusun Ngaliyan RT 002 RW 003 Desa Gemantar mewakili Kabupaten Wonogiri dalam lomba kelompok tani ternak berprestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 untuk komoditas itik, Senin (22/05/2017).

Kelompok yang masuk kelas kelompok pemula tersebut didirikan sejak tanggal 12 April 2014, dengan beranggotakan 15 orang, dan usaha pokok kelompok adalah peternak itik petelur. Sugiyo, ketua kelompok Karya Makmur, bercerita sekilas tentang pengalamannya dalam usaha ternak itik yang sudah dijalaninya sejak 10 tahun terakhir. “ Awalnya saya hanya memiliki 50 itik dan sekarang hampir 400 ekor. Kebetulan itik milik kelompok juga berada di tempat saya, kelompok kami mendapatkan bantuan dari APBD Provinsi tahun 2016 sejumlah 660 ekor”, terang Sugiyo saat mendampingi sejumlah tamu di lokasi kandang itik miliknya. Saat ditanya soal hasil produksi telur itik, Sugiyo menerangkan bahwa dari 100 itik, biasanya bisa menghasilkan telur sejumlah 80 butir/hari, dengan harga rata-rata Rp. 1.600/butir. “Itik usia 9 bulan biasanya intensitas bertelurnya sudah mulai berkurang, maka kami akan menjualnya dengan harga Rp. 45.000 dan mengganti dengan itik yang siap bertelur dengan harga Rp. 75.000”, imbuh Sugiyo, hal senada juga diungkapkan oleh petugas Lapernak Kecamatan Selogiri, Agus Sarwo.

          Dalam sambutannya, Camat Selogiri, Drs. Sigit Purwanto, M.Pd mengatakan bahwa dana yang masuk ke desa saat ini mengalami peningkatan yang signifikan, maka diharapkan Pemerintahan Desa dan dinas terkait bisa meningkatkan kerjasama di bidang pemberdayaan masyarakat. Setelah mengadakan kunjungan lapang, tim penilai lomba dari provinsi memberikan kesan dan pesan kepada kelompok. “Lomba Kelompok Tani Ternak  merupakan bentuk apresiasi dan penyemangat dari Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi kepada masyarakat ataupun kelompok ternak”, Ungkap Agus Sucipto, salah satu tim yang berjumlah 7 orang. “Kami menyarankan agar anggota tidak hanya mengandalkan hasil dari itik yang ada di kelompok, namun tiap anggota bisa memelihara di lahannya masing-masing. Anggota harus paham tentang hak dan kewajiban agar keutuhan kelompok bisa terjaga. Selain itu, kelompok juga harus punya NPWP dan buku rekening kelompok agar pengelolaan keuangan lebih transparan”, terang anggota tim lainnya.

Dokumen Lampiran : Kelompok Tani Ternak Karya Makmur, Maju Lomba Tingkat Provinsi Mewakili Kabupaten Wonogiri

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan