Kepala Desa Bersama Tim Pengelola Website Desa Menyambut Kedatangan Tim Monev SID

Tim monev SID Kabupaten Wonogiri sedang mengamati data desa dan penggunaan Sistem Informasi Desa untuk pelayanan surat di Kantor Desa Gemantar.

 

Guna menindaklanjuti pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan tahun 2016 oleh BAPEDA Kabupaten Wonogiri, maka di tahun 2017 ini dilakukan monev SID, oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri. Monitoring dan evaluasi ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi dan pelaksanaan kegiatan di desa terkait SID. Desa Gemantar merupakan salah satu dari 31 desa yang masuk dalam jadwal monev SID. Kepala Desa Gemantar, Sunarno, telah mempersiapkan petugas yang telah dilatih Sistem Informasi Desa (SID), untuk menerima dan mendampingi tim monitoring dan evaluasi dari Tingkat Kabupaten Wonogiri, Selasa (6/6/2017). Adapun petugas pengelola SID Desa Gemantar terdiri dari 3 orang, yaitu : Ibnu purwanto, Eko Budi Wardoyo, dan Ratih Joko Purnomo. “Kami telah menunjuk ketiga nama tersebut sebagai petugas pengelola SID,” terang Sunarno, sambil menunjukkan SK pengelola SID. Saat ditanya terkait awal pembuatan website desa, Sunarno menceritakan bahwa ide pembuatan website desa sebagai bentuk Sistem Informasi Desa sebenarnya sudah digagasnya jauh sebelum diadakannya pelatihan SID oleh BAPPEDA pada tahun 2016. Butuh waktu untuk mengolah data dan mempersiapkan SDM, sehingga website desa baru bisa terealisasi setelah adanya pelatihan SID tersebut.

Satya Graha, ST, salah satu anggota tim monev memberikan apresiasi saat melakukan wawancara dengan Kepala Desa dan Koordinator pengelola SID Desa Gemantar di ruangan Kepala Desa. Dalam wawancara tersebut, tim monev banyak mendapatkan keterangan seputar penggunaan Sistem Informasi Desa untuk pelayanan umum, publikasi APBDesa, pengelolaan data, dan tingkat partisipasi masyarakat. Koordinator pengelola SID, Ibnu Purwanto, mengatakan bahwa keberhasilan pembuatan website ini berkat kerjasama tim dan motivasi dari Kepala Desa, serta pendampingan dari BAPPEDA Kabupaten Wonogiri.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan