Kemendagri Kunjungi Pemerintah Desa Gemantar

Petugas dari Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri bersama dengan Kepala Desa Gemantar, Perangkat Desa, dan Ketua BPD saat Monev pengelolaan keuangan desa di Desa Gemantar, pada hari Selasa (13/06/2017).

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi tentang pengelolaan keuangan desa oleh Kemendagri untuk Desa Gemantar berlangsung sekitar 2 jam. Ada beberapa dokumen yang diteliti saat itu, mulai dari RPJMDesa, Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) hingga APBDesa tahun 2017. Arya Bima Sena, petugas dari Kemendagri menanyakan terkait Publikasi anggaran dan intensitas Bimtek yang diikuti oleh aparatur Pemerintah Desa. Menanggapi hal itu, Kepala Desa Gemantar, Sunarno, mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa Gemantar, dalam pengelolaan keuangan desa memegang prinsip keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas-luasnya tentang keuangan Desa. “Publikasi tentang APBDesa kami sampaikan kepada masyarakat melalui rapat – rapat, selain itu juga kami unggah di website desa yang kami kelola, terang Sunarno. “Bahkan publikasi APBDesa juga kami buat dalam bentuk infografik dan sudah terpasang di ujung jalan sana, imbuh Kepala Desa, sambil menunjuk ke arah dipasangnya infografik berukuran 3 x 4 meter tersebut. Seketika itu, Tim Monev yang di dampingi petugas dari Dinas PMD Kabupaten Wonogiri pun melihat liputan berita desa tentang pemasangan infografik melalui website Desa Gemantar.

Menjawab pertanyaan tentang intensitas Bimtek yang pernah diikuti oleh aparatur Pemerintah Desa yang dipimpinnya, Sunarno mengatakan bahwa pihaknya sudah sering mengikuti Bimtek, bahkan satu tahun sekali mendapatkan Bimtek untuk peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa yang dibiayai dari APBDesa. Namun tidak dipungkiri, bahwa ada beberapa Perangkat Desa yang menurutnya masih butuh penyesuaian dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, Sunarno selalu memotivasi perangkatnya dalam setiap rapat koordinasi Pemerintah Desa, agar jalannya pemerintahan di Desa Gemantar semakin meningkat.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan