Posyandu, Tak Sekedar Tempat Penimbangan Balita

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Ibnu / gemantar.desa.id

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar dan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dikelola masyarakat guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu menjadi wujud kegiatan swadaya masyarakat di wilayah kerja Puskesmas dengan penanggungjawab Kepala Desa.

Desa Gemantar dengan tujuh Posyandu berada di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Jarak tempuh sekitar 1,5 kilo meter dari Puskesmas ke Desa Gemantar sangat berpengaruh terhadap intensitas kehadiran petugas kesehatan ke masing-masing Posyandu dalam setiap kegiatan. Jadi, sangat rasional jika perkembangan Posyandu di Desa Gemantar terbilang pesat dalam banyak aspek, diantarnya aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya.

Aspek sasaran, ada tiga sasaran dalam penyelenggaraan Posyandu yaitu balita, ibu hamil, dan lansia. Aspek lokasi, Posyandu memanfaatkan rumah Kepala Dusun dan rumah warga yang berada di lingkungan dusun dengan pertimbangan agar pemanfaat Posyandu mendapatkan tempat yang nyaman dengan jarak tempuh yang dekat.  Aspek petugas penyelenggara, Pemerintah Desa Gemantar bekerjasama dengan Puskesmas dalam penyiapan SDM kader Posyandu, tentu hal ini tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah setempat dalam pelaksanaan pelatihan dan pembinaan kader. Aspek Dana, setiap tahunnya Pemerintah Desa Gemantar menganggarkan dana operasional Posyandu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).

Swadaya masyarakat dalam penyelenggaraan Posyandu juga diupayakan oleh masyarakat dalam bentuk jimpitan dan sumbangan sukarela. Hal ini bisa menjadi indikator bahwa masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab terhadap kemajuan Posyandu. Jika kesadaran masyarakat kian terbangun maka tujuan Posyandu juga lebih mudah tercapai, seperti kita tahu bahwa tujuan Posyandu diantaranya adalah :

  • Mempercepat penurunan angka kematian bayi, balita dan angka kelahiran.
  • Mempercepat penerimaan NKKBS.
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengembangkan kegiatan kesehatan.

 

Jadwal kegiatan Posyandu di Desa Gemantar dibuat berbeda waktu, dengan maksud agar konsentrasi petugas kesehatan dari Puskesmas lebih terarah ke masing-masing Posyandu, adapun jadwal kegiatan sebagai berikut :

 
NO NAMA ALAMAT JADWAL
1 Bougenville Dusun Bakalan Tanggal 18
2 Mekar Sari Dusun Dukuh Tanggal 19
3 Blewah Dusun Blewah Tanggal 20
4 Kenanga Dusun Kenangan Tanggal 21
5 Mawar Dusun Ngaliyan Tanggal 22
6 Lestari Dusun Gemantar Tanggal 23
7 Flamboyan Dusun Nanggan Tanggal 24

 

Posyandu diutamakan untuk melayani balita dalam hal imunisasi, penimbangan berat badan, ukur tinggi badan, ukur lingkar kepala dan pencatatan tingkat perkembangan anak.  Selain itu Posyandu juga melayani warga lanjut usia yang meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan di posyandu lansia antara lain pemeriksaan aktivitas kegiatan sehari-hari, pemeriksaan status mental, pemeriksaan status gizi, pengukuran tekanan darah, pelayanan rujukan ke puskesmas dan penyuluhan kesehatan. Posyandu Lansia juga mengadakan senam lansia secara periodik, agar aktifitas fisik lansia bisa terjaga. Selain mendapatkan kebugaran, senam lansia juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan serta rasa nyaman sehingga kwalitas hidup sehat di usia lanjut bisa mereka dapatkan secara total. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial. Tujuan pembentukan posyandu lansia di Desa Gemantar secara garis besar yaitu :

  • Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.
  • Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Tenaga sukarelawan kesehatan atau kader Posyandu yang telah mendapatkan pelatihan dari dinas kesehatan setempat bertugas memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Selain vaksinasi, Posyandu juga memberikan makanan tambahan (PMT) kepada bayi, balita dan lansia. Posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus kekurangan gizi dan gejala penyakit. Evaluasi dan pemetaan dilakukan oleh Kader tiap akhir pelaksanaan Posyandu, hasilnya akan digunakan sebagai bahan dasar kunjungan ke rumah warga dalam rangka :

  • Kunjungan balita gizi buruk
  • Kunjungan lansia hipertensi
  • Kunjungan vitamin A
  • Kunjungan ibu melahirkan JPS
  • Kunjungan ibu hamil RESTI (Resiko Tinggi)

Koordinasi antar kader Posyandu dari masing-masing dusun sangat menentukan pemerataan perkembangan Posyandu secara umum, hal ini bisa dilihat dalam pertemuan rutin kader Posyandu se-Desa Gemantar setiap bulan. Kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tanggal 28 ini digagas oleh Pemerintah Desa Gemantar bekerjasama dengan petugas PPKBD, Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan Puskesmas setempat. Langkah penyehatan masyarakat melalui sosialisasi dan informasi juga diupayakan oleh Posyandu dengan menjalin kerjasama dengan Lembaga Desa dan organisasi kemasyarakatan yang ada. Pemerintah Desa Gemantar juga sudah mencanangkan program Gerakan Sayang Ibu (GSI), sumber dana berasal dari masyarakat yang digunakan untuk membantu ibu hamil resiko tinggi. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk memanfaatkan Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Mari kita manfaatkan potensi dan kearifan lokal untuk menuju Indonesia sehat seutuhnya.

About gemantar-wonogiri 156 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.