Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi

Bimbingan teknis pengolahan hasil perikanan yang bertempat di Pendopo Kecamatan Selogiri, diikuti oleh 36 peserta dari TP.PKK Desa / Kelurahan se-Kecamatan Selogiri. Pelatihan yang dimulai pada hari Selasa, 11/07/2017 tersebut rencananya akan berlangsung selama 2 hari. Narasumber dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Wonogiri, dan dibantu oleh Kelompok Pengolah Ikan. “Ada 6 menu yang dipraktekkan dalam pelatihan ini. Bakso ikan, otak-otak ikan, Nugget ikan, sosis ikan, tik-tik ikan, dan kaki naga,” terang Ir.Heru Soetopo,M.M, Kabid Lutkan saat ditemui dilokasi kegiatan.

Dalam kesempatan yang sama, Ir. Catur Wuryaningsih, M.M, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat khususnya TP.PKK Desa / Kelurahan dan pengolah ikan setempat, diversifikasi olahan hasil perikanan, peningkatan gizi keluarga, serta pemanfaatan potensi perikanan. Pelatihan ini dinilai relevan karena adanya beberapa pasar tradisional yang menyediakan ikan segar dan ada salah satu desa di Kecamatan Selogiri yaitu Desa Gemantar yang merupakan sentra budidaya ikan lele.

          Rencana pelatihan pengolahan hasil perikanan di tahun 2017 ini akan dilaksanakan di 4 kecamatan, Yaitu Selogiri, Eromoko, Ngadirojo, dan Slogohimo. “Pelatihan yang sama juga dilaksanakan ditahun sebelumnya untuk 3 kecamatan, untuk tahun 2017 ada 4 kecamatan, dan yang pertama adalah Kecamatan Selogiri,” pungkas Catur Wuryaningsih yang menjabat sebagai Kasi Produksi dan Pengembangan.

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan