PELATIHAN PENGELOLA BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) KABUPATEN WONOGIRI

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi

Pelatihan Pengelola BUM Desa Kabupaten Wonogiri dengan narasumber Semedi Budi Wibowo, S.H. (kanan) dan Drs. Sigit Purwanto, M.Pd. (kiri), bertempat di Hotel Indah Palace, Solo.

 

Pelatihan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri angkatan ke 2, pada tanggal 27-29 Juli 2017, memberikan pencerahan dan pengetahuan lebih luas bagi setiap pengurus BUM Desa. Tak terkecuali bagi pengurus BUM Desa Sumber Rejeki Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri yang ikut serta dalam pelatihan ini. Selain materi mengenai BUM Desa dan pengelolaannya yang telah disampaikan oleh beberapa narasumber dari tim kedinasan, para peserta pelatihan juga diajak untuk studi lapang ke BUM Desa Graha Mandala, Desa Borobudur Kabupaten Magelang.

          Dari hasil kunjungan ke BUM Desa Graha Mandala ini, peserta pelatihan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan mengenai pengelolaan BUM Desa terkait dengan unit-unit usaha yang bisa dijadikan contoh bagi tiap BUM Desa di Kabupaten Wonogiri. Tak hanya  belajar mengenai unit usahanya, disana juga belajar mengenai kelembagaan dan pengadministrasian di tiap unit usaha dan laporan keuangan BUM Desa. Dengan adanya pelatihan pengelola BUM Desa seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan semangat bagi pengurus BUM Desa, dan sebagai motivasi dan pengetahuan dasar  serta percontohan bagi BUM Desa yang baru didirikan. Peserta dari BUMDesa Desa Gemantar berharap semoga akan ada pelatihan-pelatihan berkelanjutan guna evaluasi bagi tiap BUM Desa di kabupaten Wonogiri. (3ida)

About gemantar-wonogiri 156 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.