Lewat Program KOTAKU, Diharapkan Tahun 2019 Terbebas Dari Permukiman Kumuh

BKM Makmur Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, bersama perangkat desa dan relawan ikuti pelatihan Program KOTAKU di Kantor Desa Gemantar, pada hari Jum’at, (18/08/2017).

 

Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) adalah program yang dilaksanakan secara nasional di 271 kabupaten / kota di 34 Provinsi yang menjadi platform atau basis penanganan pemukiman kumuh yang mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termasuk dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten / kota, donor, swasta, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Pemukiman kumuh bisa didefinisikan sebagai permukiman yang tidak layak huni, karena ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat. Secara umum, permukiman kumuh adalah permukiman yang mengalami penurunan kualitas fungsi sebagai tempat hunian.

Amanat Perpres Nomor 2 Tahun 2015, bahwa pembangunan dan pengembangan kawasan perkotaan melalui penanganan kualitas lingkungan permukiman yaitu peningkatan kualitas permukiman kumuh, pencegahan tumbuh kembangnya permukiman kumuh baru, dan penghidupan yang berkelanjutan. Mengingat sifat pekerjaan dan skala pencapaian program KOTAKU yang sangat kompleks, diperlukan kolaborasi beberapa pihak dalam penanganan permukiman kumuh. “Kami mengharap, semua peserta semangat dalam mengikuti pelatihan, sehingga nantinya program KOTAKU bisa dijalankan dengan baik,”  himbau Kepala Desa Gemantar, Sunarno, saat memberikan sambutan di pelatihan Program KOTAKU.

PNPM ataupun BKM dalam menjalankan programnya selama ini dinilai solid, karena minimnya penyelewengan dari anggaran yang dikelola. “Ratusan trilliun yang digelontorkan, penyelewengan tidak mencapai 1%, ini membuktikan kalau BKM luar biasa,” Ungkap pelatih program KOTAKU, Murwan Suhudi, yang saat itu ditemani 2 pelatih lainnya, yaitu Dedi Haryanto dan Nursalis. Launching Program Kotaku dilaksanakan pada tahun 2015. Berdasar SK Bupati Wonogiri Nomor 305 Tahun 2014, ada 7 desa/kelurahan di Kabupaten Wonogiri yang masuk pada program yang identik dengan program KOTAKU. Ada 3 prinsip yang mendasari Program KOTAKU yaitu, Pemda sebagai Nahkoda, Perencanaan secara komprehensif, revitalisasi peran BKM/LKM.  Dengan kerjasama yang baik, diharapkan tahun 2019 sudah tidak ada permukiman kumuh, untuk capaian itu, tentu dibutuhkan sinergitas program, termasuk program KOTAKU.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan