Desa Gemantar Dapat Undangan Pada Presentasi Terbuka PPID Kabupaten wonogiri

Peserta dari Kecamatan Selogiri saat mengikuti Presentasi Terbuka PPID, di Setda Kabupaten Wonogiri. Urut dari sebelah kiri (Sekdes Gemantar, Kades Gemantar, Sekcam Selogiri).

 

Situs resmi milik Pemerintah Desa Gemantar sempat ditampilkan saat presentasi Terbuka PPID Kabupaten Wonogiri di depan tim verifikasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, di Ruang Khayangan Setda Kabupaten Wonogiri, Selasa (24/10/2017), siang. Website kebanggan Desa Gemantar tersebut merupakan besutan Bappeda Kabupaten Wonogiri yang bekerjasama dengan Lumbung Komunitas dari COBINE Resource Institution. Dalam setiap bulan, pengunjung website tersebut bisa mencapai ribuan. Penggunaan domain desa.id, membuat situs ini tampil beda dari 222 desa lainnya di Wonogiri yang pernah dilatih dalam pembuatan website desa.

Membangun sebuah website desa dirasa penting bagi Pemerintah Desa Gemantar. Mengingat, prinsip accountibility sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, yaitu pemerintah desa harus bisa mempertanggungjawabkan dengan pelaporan yang baik. Secara equality,  pemerintahan desa juga harus mampu bekerjasama dengan unsur masyarakat. Berkaitan dengan keterbukaan informasi publik, maka desa juga harus mampu menata informasi sesuai dengan perundang-undangan.

UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan kerangka fundamental yang kuat bagi pemerintah desa dalam mengelola rumah tangga desa untuk kesejahteraan rakyat. Prinsip demokrasi dan keterbukaan melekat di dalamnya. Untuk itu, Pemerintah Desa Gemantar berharap, keberadaan Website Desa Gemantar mampu menjembatani kebutuhan warga dalam hal informasi.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan