PELATIHAN SISKEUDES LANJUTAN KAB WONOGIRI

Sebagai tindak lanjut Pelatihan sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) bagi perangkat desa diKabupaten Wonogiri , dilaksanakan pelatihan lanjutan pelaksanaan siskeudes sampai dengan tahap penatausahaaan.  Pelatihan  siskeudes lanjutan tahap penatausahaan tersebut terbagi menjadi 2 gelombang, gelombang pertama telah dilaksanakan tgl 1-2 november 2017 kemarin di gedung pertemuan Kec Eromoko diikuti oleh 24 desa dari 12 kecamatan  dan gelombang 2 dilaksanakan dirumah makan Umbulrejo Pandeyan Jatisrono hari ini dan besuk tgl 3-4 november 2017 diikuti oleh 26 desa dari 13 kecamatan.  Setiap kecamatan mengirimkan dua desa sebagai pilot project untuk mengikuti pelatihan tersebut. Untuk Kecamatan Selogiri sendiri dua desa yang mengikuti pelatihan tersebut adalah desa Gemantar dan Desa Singodutan.

Pelaksanakan pelatihan lanjutan siskeudes hari pertama kemarin dibuka langsung oleh Camat Eromoko Danang Erawanto.  Disela-sela sambutanya selain memberikan motivasi kepada seluruh peserta pelatihan beliau juga berpesan agar berhati-hati dalam pengelolaan keuangan desa   semua harus jelas dan transparan “jangan jadikan uang sebagai boomerang bagi kita” imbuhnya.

Hadir sebagai tutor Satya Nugraha menegaskan target 2018 siskeudes harus benar2 sudah bisa diaplikasikan dalam pengelolaan keuangan desa. Dibantu tim pendamping desa lainya dengan sabar memberikan panduan dan pelatihan siskeudes tahap penatausahaan. Disela kesibukannya totok sugiyarto Kabid PMD Kab Wonogiri juga hadir untuk melakukan monitoring  dan evaluasi jalannya pelatihan siskeudes tersebut. Pihaknya menyampaikan bahwasanya keberhasian prgram ini ditentukan oleh pilot project yang mengikuti pelatihan siskeudes tahap penatausahaan tersebut. Meski Kabupaten Wonogiri paling terakhir melakukan pelatihan dan penerapan siskeudes namun progres yang dihasilkan menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan