Sanggar Tari Sahwahita Selogiri Nguri – Uri Budaya Jawi

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Ibnu / gemantar.desa.id

Sejumlah anak sedang berlatih menari di Pendopo Kecamatan Selogiri, pada hari Jum’at (24/11/2017), sore.

 

Sanggar Tari Sahwahita adalah komunitas cinta budaya yang berkomitmen menjaga kelestarian budaya Indonesia. Berdiri sejak lima setengah tahun silam, sanggar tari Sahwahita, beralamatkan di Brajan RT 002 / 005 Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pendiri Sanggar Tari Sahwahita merupakan warga kelahiran Selogiri, yaitu Naning Sri Rahayu. Lulusan SMK N 1 Wonogiri tahun 2014 ini menceritakan bahwa dirinya sudah aktif dalam komunitas budaya di Kabupaten Wonogiri Sejak berada di bangku sekolah. “Saya dulu termasuk duta seni dari Wonogiri yang tergabung dalam tim kesenian dan pernah mempromosikan kesenian Indonesia ke luar negeri, seperti Belgia, Singapura, China, dan Rusia,” kenang Naning, saat ditemui ditempat latihan.

Kecintaanya di dunia tari tak pernah surut hingga sekarang. Terbukti, selain di Selogiri, dirinya juga aktif mengajar tari di beberapa sekolah. Bahkan, bersama rekanya pun ia pernah membuka kelas menari di Pracimantoro.

Awalnya Naning dan rekan-rekan hanya memanfaatkan halaman rumahnya untuk mengajar tari. Namun, karena peminatnya semakin banyak, akhirnya tahun 2015, Naning memutuskan untuk membuka latihan tari di pendopo Kantor Kecamatan Selogiri setiap hari Jum’at, sore.

Sahwahita yang berarti “bertujuan baik” sengaja dipilih Naning untuk sanggar tarinya dirasa tepat, karena selain menari, materi sopan santun, tata rias, dan tata busana pun juga diajarkan kepada anak didiknya. Ada ratusan peserta didik yang terbagi dalam empat kelompok di sanggar tari tersebut. Mulai dari balita hingga dewasa.

Secara sederhana, Sanggar Tari Sahwahita ini mengajak masyarakat untuk mencintai budaya dan bergabung bersama untuk melestarikan budaya Indonesia.

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan