Pengisian Perangkat Desa Di Gemantar Sukses Digelar, 4 Peserta Lolos Ujian

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Jack / gemantar.desa.id

Panitia Pengisian Perangkat Desa (P3D) Desa Gemantar merasa lega. Pasalnya, tugas kepanitiaan yang diembannya dalam pengisian perangkat desa untuk sejumlah formasi telah sukses digelar. Berdasar Surat Keputusan Kepala Desa Gemantar Nomor 43 Tahun 2017, ada 11 panitia yang tergabung dalam Panitia Pengisisan Perangkat Desa Gemantar yang diketuai oleh Dasiman.

 

Berbagai tahapan dalam mekanisme pelaksanaan pengisian perangkat desa pun telah dilalui, mulai dari penjaringan, penyaringan, hingga pelaksanaan ujian. Sedikitnya ada 29 nama yang terjaring dalam pendaftaran pengisian perangkat desa yang dibuka tanggal 2-19 Oktober lalu. Hasil verifikasi dokumen persyaratan oleh Panitia Pengisian Perangkat Desa Gemantar, menetapkan ke 29 nama tersebut sebagai calon yang berhak mengikuti ujian pada hari Senin (11/12/2017).

Sejak Minggu (10/12/2017), pagi, seluruh Panitia Pengisian Perangkat Desa Gemantar mempersiapkan lokasi yang akan digunakan untuk ujian. Balai Desa Gemantar menjadi tempat pilihan untuk ujian tertulis, sedangkan ujian wawancara dilakukan di dua tempat yaitu, di Ruang Data dan Ruang PKK. Dari 29 peserta ujian yang seharusnya datang pada saat itu, ada 1 peserta yang tidak mengikuti ujian, sehingga ujian tertulis hanya diikuti oleh 28 peserta. Materi ujian tertulis berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 100 soal, dengan durasi waktu pengerjaan 120 menit.

Kompetisi ujian tertulis dari 28 peserta tersebut di mulai pukul 09.00 WIB. Masing-masing soal ujian tertulis memiliki bobot nilai 1. Calon perangkat desa dinyatakan lulus ujian tertulis adalah calon perangkat desa yang mendapatkan nilai paling rendah 60,0 (enam puluh koma nol). Sebanyak 8 peserta yang tidak lolos dalam ujian tertulis, sehingga menyisakan 20 peserta yang berhak mengikuti ujian wawancara pada hari itu juga. Lantas, di hadapan peserta ujian, lembar jawaban yang karbonis diserahkan oleh Panitia Pengisian Perangkat Desa kepada Kepala Desa Gemantar, usai pelaksanaan ujian tertulis.

 

Lagi-lagi Panitia Pengisisan Perangkat Desa Gemantar dihadapkan pada satu tugas yang tak mudah. Terbagi menjadi dua tim wawancara, beberapa pertanyaan mereka ajukan sesuai dengan petunjuk yang sudah ada. Penilaian secara ketat dilakukan oleh tim wawancara yang masing-masing terdiri dari 3 orang. Butuh waktu sedikitnya 5 jam untuk proses ujian wawancara. Hingga akhirnya pukul 18.30 WIB, Panitia Pengisisan Perangkat Desa Gemantar mengumumkan nilai terbaik gabungan hasil ujian tertulis dan wawancara calon Perangkat Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, sesuai Berita Acara Nomor 6 Tahun 2017.

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan