Desa Gemantar Raih Penghargaan Bupati Wonogiri Untuk Kategori Desa Berinovasi

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Foto : Jack / gemantar.desa.id

Website Desa Gemantar dengan domain desa.id yaitu gemantar.desa.id adalah situs resmi milik Pemerintah Desa Gemantar. Domain desa.id merupakan identitas bagi desa di dunia maya. Untuk mendapatkan domain desa.id harus melalui mekanisme pendaftaran ke Kementrian Kominfo dengan mengunggah beberapa berkas permohonan, SK Kepala Desa, dan identitas calon pengelola website desa yang bersangkutan. Sejauh ini, Website Desa Gemantar merupakan satu-satunya website desa di Wonogiri yang menggunakan domain desa.id.

Penghujung tahun 2017 ini menjadi momentum penting bagi Desa Gemantar karena situs resmi yang dikelolanya mendapatkan penghargaan dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo, untuk kategori desa berinovasi dalam pengelolaan informasi melalui website desa. Untuk mencapai pada titik itu bukanlah perkara mudah, karena butuh kerja keras dari tim Sistem Informasi Desa (SID) Desa Gemantar dalam mengemas dan menyajikan informasi ke dalam sebuah website desa. Pengolahan data yang relevan dan tampilan desain website yang apik akan mempengaruhi daya tarik pengunjung dalam mengakses informasi, sehingga pesan yang dimaksud bisa tersampaikan dengan baik.

Penghargaan dari Bupati Wonogiri untuk kategori desa berinovasi dalam pengelolaan informasi melalui website desa diterima oleh Desa Gemantar pada saat acara Bursa Inovasi Desa, pada hari kamis (14/12/2017), bertempat di alun-alun Giri Kridha Bakti Kabupaten Wonogiri.

Bagi Desa Gemantar, penghargaan dari Bupati Wonogiri untuk kategori desa berinovasi dalam pengelolaan informasi melalui website desa menjadi bukti keberhasilan Pemerintah Desa Gemantar dalam membangun website desa. Selain update informasi kegiatan Desa Gemantar, situs yang aktif sejak 20  Maret lalu itu juga acap kali menyisipkan berita daerah seputar Kabupaten Wonogiri. Bahkan, website desa penerima penghargaan dari Bupati Wonogiri untuk kategori desa berinovasi dalam pengelolaan informasi melalui website desa ini juga menyajikan bermacam data dan standar operasional pelayanan.

Inovasi terhadap website desa terus diupayakan oleh tim SID Gemantar, terutama tentang desain tampilan dan format penyajian informasi. Hal ini dilatar belakangi dengan meningkatnya kebutuhan informasi masyarakat yang semakin meningkat. Informasi menjadi kebutuhan dalam pengembangan pribadi dan lingkungan sosial, serta menjadi bagian yang penting dalam ketahanan nasional. Memperoleh informasi adalah hak mendasar, dan keterbukaan publik menjadi ciri demokratis dalam penyelenggaraan kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan umum.

Keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa juga merupakan hal yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Baik dalam bidang pemerintahan desa, bidang pembangunan, bidang pemberdayaan masyarakat, maupun bidang pembinaan kemasyarakatan. Media konvensional masih banyak digunakan desa dalam menyampaikan informasi sebagai perwujudan keterbukaan publik. Sementara kebutuhan masyarakat tentang informasi sangatlah relevan dengan perkembangan jaman. Maka, membangun sebuah website desa dirasa perlu agar informasi yang disampaikan bisa diakses masyarakat luas secara cepat.

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan