Website Desa Gemantar Pengguna Domain desa.id

Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin sangatlah penting dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Hal inilah yang mendorong keinginan Pemerintah Desa Gemantar untuk membangun sebuah wadah dalam bentuk website desa.

Website Desa Gemantar saat ini diyakini menjadi satu-satunya website desa yang menggunakan domain .desa.id di Kabupaten Wonogiri, Provinsi jawa Tengah. Website Pemerintah Desa Gemantar tersebut berisi konten-konten yang ditata sedemikian rupa, guna menyajikan informasi kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar masyarakat juga bisa ikut memantau perkembangan, dan sekaligus berpartisipasi dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di Desa Gemantar. Tak hanya diperuntukkan bagi warga yang berdomisili di Desa Gemantar, diharapkan warga yang berada di luar desa pun juga bisa mengakses informasi setiap waktu.

Selain sebagai sarana publikasi kegiatan desa, Website Desa Gemantar pengguna domain desa.id tersebut juga menyajikan konten yang relevan dengan desa. Mulai dari profil desa, pemerintahan desa, data desa, lembaga desa, anggaran desa, standar operasional pelayanan, dan kontak pengelola. Bahkan, pada menu dinamis juga ditampilkan tentang agenda kegiatan, produk hukum, laporan desa, info publik, tempat wisata, dan kolom kreasi warga untuk menampilkan karya/artikel kiriman warga. Tak hanya itu, layanan mandiri sengaja disiapkan untuk warga desa yang ingin mengetahui data kependudukan yang bersangkutan. Hanya saja, untuk bisa memanfaatkan layanan mandiri tersebut, dibutuhkan NIK dan PIN yang bisa didapatkan langsung dari pengelola Website Desa Gemantar.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan