Prepare Musrenbang Wujud Pengawalan Camat Selogiri Terhadap Desa

Tahun 2018, Camat Selogiri, Drs. Sigit Purwanto M.Pd, akan menunjukan totalitas dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan di desa. Secara detail, pihaknya akan memonitoring setiap kegiatan masing-masing desa  sesuai tahapannya. Komitmen tersebut ia sampaikan pada saat memimpin rakor bersama perangkat desa di Kecamatan Selogiri, pada hari Kamis (4/01). “Saya nanti akan perbandingkan satu desa dengan desa yang lain setiap tahapanya, sehingga kita tahu posisi masing-masing desa,” ungkap Camat Selogiri dihadapan peserta rakor, yang sebagian besar adalah Sekretaris Desa. Posisi yang ia maksud adalah pencapaian dan pelaporan dalam tiap kegiatan. Terlebih lagi, untuk pengawalan APBDesa rencananya tahun ini tidak lagi di Dinas PMD melainkan di kecamatan. “Maka bagi desa yang mengalami kesulitan jangan sungkan untuk bertanya ke desa yang lebih mampu, demikian pula untuk desa yang memiliki kemampuan lebih, tolong luangkan waktu untuk saling membantu agar jalanya kegiatan dimasing-masing desa bisa lancar,” imbuh Sigit Purwanto, yang sudah 8 bulan menjabat Camat Selogiri. Pihaknya juga berharap, pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), diawal tahun ini bisa berjalan lancar. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa sejumlah sekretaris desa diundang dalam rakor tersebut.

Musrenbangdes secara serentak akan dilaksanakan antara tanggal 6 Januari – 26 Januari 2018. Untuk Musrenbangcam Kecamatan Selogiri sendiri dijadwalkan pada tanggal 6 Februari mendatang. Berkaitan dengan hasil Musrenbangdes, selain dalam bentuk hard copy, Camat Selogiri menghendaki agar masing-masing desa bisa menyiapkan hasil Musrenbangdes dalam bentuk soft copy. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan proses pengeditan ke aplikasi. Lagi-lagi Camat Selogiri yang piawai dalam beryanyi dan bermain musik tersebut berpesan, jika ada desa yang merasa belum familier dengan aplikasi emusrenbang, maka jangan sungkan untuk tanya ke desa lain.

Rencananya setiap usulan kegiatan tingkat desa yang dimintakan pendanaan dari tingkat kabupaten harus sesuai dengan basis data hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). “Bupati Wonogiri sekarang ada semacam kebijakan bahwa usulan dari tingkat desa yang akan dimintakan pendanaan dari tingkat kabupaten harus konkrit, semua harus sesuai basis data musrenbang juga RPJM,” pungkas Camat Selogiri.

Rakor perdana para Sekretaris Desa dan Sekretaris Kelurahan se-Kecamatan Selogiri di awal tahun ini menghasilkan kesepakatan jadwal pelaksanaan Musrenbag masing-masing desa dan kelurahan sebagai berikut :

No

Hari, Tanggal

Desa / Kelurahan
1  Senin, 15 Januari 2018  Desa Keloran
 Desa Singodutan
2  Selasa, 16 Januari 2018  Desa Gemantar
 Kelurahan Kaliancar
3  Rabu, 17 Januari 2018  Desa Sendangijo
 Desa Nambangan
4  Kamis, 18 Januari 2018  Desa Pule
 Desa Kepatihan
5  Senin, 22 Januari 2018  Desa Jaten
 Desa Jendi
6  Selasa, 23 Januari 2018  Desa Pare
Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan