Hasil Kegiatan KKN-Dik UMS 2018 Di Dusun Blewah Dan Dusun Gemantar

Kegiatan TPA dan Bimbel Dusun Blewah

Kegiatan yang kami lakukan selaku mahasiswa KKN-Dik UMS 2018 salah satunya yaitu mengadakan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan Gemantar Study Club atau biasa disebut dengan bimbingan belajar. Dimana sistem kerja kami fokus dalam lingkup pendidikan. Di dusun Blewah kami mengagendakan hari Minggu untuk bimbingan belajar dan hari Senin untuk bimbingan belajar. Untuk kegiatan TPA sebelumnya didusun tersebut hanya diadakan ketika bulan Ramadhan saja, namun ketika kami mengadakan kegiatan tersebut semua anak-anak disana begitu antusias mengikuti dan sangat bersemangat. Bahkan sebelum jam pembelajaran TPA dimulai mereka sudah sampai di masjid dan banyak anak-anak kecil yang  semangat belajar iqra’ dengan ulah lucunya mereka belajar membaca iqra’.

Begitu pula dengan kegiatan bimbingan belajar, mereka berbondong-bondong membawa buku pelajaran, tugas dan PR mereka untuk dikerjakan bersama-sama mahasiswa KKN-Dik. Dengan durasi 90 menit terkadang kami mengalami kekurangan waktu karena banyak anak yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugasnya.  Namun dengan begitu kami selaku mahasiswa KKN-Dik merasa senang karena melihat antusias para adik-adik warga dusun Blewah. Semua warganya juga begitu ramah dan mendukung kegiatan kami sehingga alhamdulillah kegiatan di dusun tersebut berjalan dengan lancar.

 

Kegiatan TPA dan Bimbingan Belajar di Dusun Gemantar

Kami juga melakukan kegiatan TPA dan bimbingan belajar di dusun Gemantar. Untuk dusun Gemantar kami mengagendakan hari Senin kami mengadakan TPA dan hari Kamis kami mengagendakan bimbingan belajar. Untuk TPA sudah dilakukan sebelumnya yaitu ekstrakurikuler BTA  sebagai kegiatan di SD Negeri 2 Tekaran dan ada agenda TPA yang dilakukan setiap hari senin sampai jum’at setelah magrib di rumah warga yaitu rumah Ibu Ummi. Kami selaku mahasiswa KKN-Dik membantu TPA di masjid Nur Hidayah dan dirumah Ibu Ummi. Untuk kegiatan bimbingan belajar kami adakan di masjid Nur Hidayah yang dimulai pukul 16.00 sampai 17.30 wib. Pada saat itu anak-anak begitu antusias begitu banyak yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar. Kegiatan kami lakukan untuk membuat anak lebih memahami dan membantu siswa dalam belajar. Dengan muka ceria dan tingkah polosnya mereka sangat semangat mengikuti ice breaking dan acara yang kami lakukan. Warga sekitarnya juga sangat ramah sehingga segala kegiatan yang kami lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Pengirim : Shofia Anis / KKN-Dik UMS 2018

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan