KULIAH KERJA NYATA-PENDIDIKAN (KKN-DIK) MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA MEMBANTU KEGIATAN POSYANDU DI DUSUN NANGGAN

Kegiatan penimbangan di Posyandu pada tanggal 20 Februari 2018. Kegiatan posyandu diadakan sebulan sekali. Setiap realisasi diadakan penimbangan badan, tinggi badan dan pemberian makanan tambahan atau sehat kepada peserta posyandu (Ibu hamil, Balita, Lanjut usia). Ini merupakan kegiatan posyandu pertama yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-DIK UMS untuk mengenal posyandu.

Sebelum hari buka posyandu melakukan pembagian tugas antar kader, meliputi pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan, pemberian makanan tambahan,

serta pelayanan yang dapat dilakukan oleh kader. Sebelum melakukan kegiatan posyandu kami mendata seluruh nama balita dan menimbang berat badan dari seluruh balita di dusun Nanggan. Setelah selesai survey dan form data balita sudah lengkap, kemudian balita diberi makanan pendamping untuk mereka.

Sebagaimana kita ketahui, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara teratur.

Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader.

Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita.

Pengirim : afriyani 7796 / KKN-Dik UMS 2018

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan