Program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta di Dusun Ngaliyan dan Dusun Dukuh Desa Gemantar

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Surakarta melakukan program kerja di bidang pendidikan. Program kerja di bidang pendidikan meliputi kegiatan bimbingan belajar (Study club), english club dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Program kerja dalam pendidikan yang pertama adalah bimbingan belajar di masjid Al-hidayah dusun Ngaliyan yang dimulai pada hari Senin (05/01) dan bimbingan belajar di masjid Baitul Makmur dusun Dukuh yang dimulai pada hari Rabu (07/02). Tujuan diadakan kegiatan bimbingan belajar adalah untuk membantu anak-anak usia sekolah baik tingkat SD maupun SMP untuk lebih memahami pembelajaran yang sudah diberikan di sekolah dan membantu anak-anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang didapatkan dari sekolah.

Kegiatan bimbingan belajar ini sangat memberikan dampak yang baik bagi anak-anak Dusun Ngaliyan dan Dusun Dukuh yang dapat dilihat dari antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini. Dilihat dari antusiasme anak-anak dusun Ngalihan kegiatan bimbingan belajar diadakan setiap hari Sabtu yang dimulai pukul 15.30 sampai 17.30 di masjid Al-hidayah dusun Ngalihan. Dan Dusun Dukuh yang diadakan setiap hari Rabu pukul 15.30 sampai 17.30 di masjid Baitul Makmur.

TPA Dusun Dukuh

Selanjutnya kegiatan bimbingan belajar diselingi dengan kegiatan english club dilakukan saat bimbingan belajar sudah diberikan. Hal ini dilakukan untuk mengefisiensi waktu untuk kegiatan english club. Kegiatan english club sendiri diberikan agar anak-anak dusun Ngalihan dan Gemantar dapat belajar bahasa inggris di luar pembelajaran sekolah.

Program kerja dalam bidang pendidikan selanjutnya adalah Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA). Kegiatan Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) di dusun Ngaliyan sebelumnya sudah ada sehingga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Surakarta hanya melanjutkan dan membantu kegiatan yang ada. Kegiatan  Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) ini dilakukan mulai hari Sabtu (03/01). Dan dilakukan setiap hari sabtu yang dimulai pukul 15.30 sampai 17.30 di Masjid Al-hidayah dusun Ngaliyan.

Begitu juga di dusun Dukuh kegiatan Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) sudah ada sehingga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Surakarta hanya melanjutkan dan membantu kegiatan yang ada. Kegiatan  Taman Pendidikan Al-qur’an (TPA) dusun Dukuh dilakukan mulai tanggan (12/02). Dan Dan dilakukan setiap hari Selasa yang dimulai pukul 15.30 sampai 17.30 di Masjid Baitul Makmur dusun Dukuh.

 

Pemberitahuan untuk program kerja dilakukan dengan melakukan sosialisasi-sosialisasi seperti sosialisasi saat pengajian ibu-ibu, perkumpulan RT/RW dan kegiatan pemuda pemudi (karang taruna). Sehingga masyarakat di dusun Ngalihan terutama bagi orang tua dapat memberikan informasi secara langsung kepada putra-putrinya untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanaan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Berikut adalah kegiatan-kegiatan baik bimbingan belajar, english club dan taman pendidikan al-qur’an (TPA) :

Kegiatan Bimbingan Belajar

English Club

Kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an

Pengajian Ibu-ibu

Perkumpulan RT

Karang Taruna Pemuda Pemudi

 

Pengirim : afriyani 7796 / KKN-Dik UMS 2018

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan