KKN, Mahasiswa UMS Gandeng Karang Taruna Desa Gemantar

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Kepala Desa Gemantar (depan), saat mengikuti jalan santai, Minggu (4/3/2018)

Sepuluh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) gelar jalan sehat untuk warga Desa Gemantar, pada hari Minggu (4/3/2018), pagi. Kegiatan yang bertajuk Seribu Langkah Menuju Sehat tersebut diikuti ratusan warga dan melibatkan sejumlah anggota Karang Taruna Desa Gemantar dalam kepanitiaan. Jalan santai yang mengambil garis finish di halaman Kantor Desa Gemantar tersebut sedikitnya melintasi 3 dusun yaitu Dusun Blewah, Dusun Ngaliyan, dan Dusun Gemantar.

Persiapan peserta jalan santai
Peserta jalan santai

Kemeriahan kegiatan jalan santai yang dimotori oleh mahasiswa KKN-Dik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kian terasa ketika memasuki season pengundian doorprize dan hadiah utama. Tak hanya itu, lantunan lagu dengan iringan solo organ pun turut mencairkan suasana disela-sela pengundian doorprize.

Jalan santai merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang telah diagendakan mahasiswa KKN-Dik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sejak akhir Januari lalu. Sepuluh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang diterjunkan di Desa Gemantar melakukan program kerja di bidang pendidikan meliputi, bimbingan belajar (Study club), english club dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Bahkan, cakupan kegiatan mereka pun mengarah ke kegiatan pengajian, perkumpulan RT, dan karang taruna. Seluruh agenda kegiatan tersebut dilaksanakan di 7 dusun yaitu Dusun Nanggan, Dusun Gemantar, Dusun Ngaliyan, Dusun Kenangan, Dusun Blewah, Dusun Dukuh, dan Dusun Bakalan.

Bimbel di Dusun Gemantar
TPA Dusun Dukuh

Seperti dikutip dari http://www.ums.ac.id/, bahwa KKN-Dik ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, khususnya masalah pendidikan. Selain itu, mahasiswa sebagai salah satu bagian dari civitas akademika tentu memiliki kewajiban berpartisipasi dalam rangka pembangunan di masyarakat. Hal tersebut telah diaplikasikan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) melalui program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik).

KKN-Dik reguler sendiri diikuti oleh sejumlah 1227 mahasiswa yang diterjunkan ke 6 kabupaten, diantaranya, 222 mahasiswa di Boyolali, 217 mahsiswa di Klaten, 196 mahasiswa di Sukoharjo, 187 mahasiswa di Wonogiri, 193 mahasiswa di Karanganyar, dan 199 mahasiswa di Sragen.

Penyerahan hadiah utama jalan santai
Panitia jalan santai
About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan