KKN-DIK UMS 2018 Telah Usai

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyerahkan kenang-kenangan kepada Pemerintah Desa Gemantar, bertempat di Kantor Desa Gemantar, pada hari Jum’at (9/3/2018), siang.

 

Penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) dilakukan oleh ketua KKN sebagai tanda akhir kegiatan mereka di Desa Gemantar. Terakhir kali, ke-sepuluh mahasisawa KKN-Dik 2018, bersama Karang Taruna Desa Gemantar telah sukses menggelar kegiatan jalan santai dengan tema Seribu Langkah Menuju Sehat. Jalan santai yang diikuti oleh ratusan warga masyarakat Desa Gemantar tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (4/3/2018), pagi.

Tak hanya itu, Selama ±40 hari, mereka juga sudah menuntaskan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dengan mengusung sederet program kegiatan diantaranya bimbingan belajar (Study club), english club dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Selain itu, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) juga membaur dalam kegiatan pengajian, perkumpulan RT, dan karang taruna.

Mahasiswa KKN-Dik 2018 foto bersama Perangkat Desa Gemantar, usai penyerahan kenang-kenangan

Melly, salah satu mahasiswa mengungkapkan bahwa, selama melakukan tugasnya di Desa Gemantar, dirinya banyak belajar menjalani kehidupan dilingkungan masyarakat. Disatu sisi, lanjut Melly, karena mahasiswa berasal dari luar Wonogiri, maka banyak hal baru yang bisa dipelajari dari karakteristik masyarakat Wonogiri, khususnya Desa Gemantar. “Karena kita bukan asli Wonogiri, kita jadi tahu karakteristik masyarakat Wonogiri khususnya Desa Gemantar,” ungkap Melly saat dihubungi via WhatsApp, usai acara penyerahan kenang-kenangan. Pihaknya juga menambahkan, pengalaman yang sudah didapat akan menjadi bekal dikemudian hari saat berada ditengah-tengah masyarakat. Mewakili teman-temanya, Melly juga berharap agar kegiatan yang sudah ada seperti TPA, bisa dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu, mengingat antusias dan semangat belajar anak-anak selama ini dinilai tinggi. Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) juga mengucapkan terima kasih karena selama ini sudah diterima dengan baik di Desa Gemantar. “Karena kita masih belajar pada saat terjun ke masyarakat, maka saya secara pribadi dan teman-teman meminta maaf apabila ada tutur kata kami dan tingkah laku kami kurang berkenan di hati masyarakat Desa Gemantar. Terima kasih karena telah disambut dengan hangat dan diterima dengan sangat baik di Desa Gemantar, kami juga berterima kasih atas bantuan dan dukunganya selama pelaksanaan KKN-DIK UMS 2018,” tulis Melly lewat pesan singkat via WhatsApp.

Secara terpisah, wakil ketua Karang Taruna Desa Gemantar, Tri Warsito, mengapresiasi aktifitas 10 mahasiswa KKN di desanya. Menurutnya, dalam waktu singkat, mereka bisa memberikan kontribusi untuk kegiatan kemasyarakatan. “Bagus, mereka bisa terjun langsung ke masyarakat dalam berbagai bidang, termasuk mengajarkan anak-anak TPQ,” ungkap Tri, saat dihubungi via telpon, pada hari Jum’at (9/3/2018). Selain itu, lanjut Tri, mereka juga mampu bersinergi dengan karang taruna. Pria lajang yang aktif di organisasi kepemudaan tersebut juga berpesan agar kegiatan kemasyarakatan semacam ini bisa dilakukan tidak hanya dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) saja.

Wakil ketua Karang Taruna Desa Gemantar, Tri Warsito (depan), usai melakukan kegiatan jalan santai, pada hari Minggu (4/3/2018), pagi.

Hal ini tentu selaras dengan kewajiban mahasiswa untuk berpartisipasi dalam rangka pembangunan di masyarakat. Karena pada dasarnya, KKN-Dik ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, khususnya masalah pendidikan.

About gemantar-wonogiri 145 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

2 Comments

Tinggalkan Balasan