Pengumpulan Data Oleh Survey Meter Yogyakarta

Petugas Survey Meter melakukan wawancara dengan Perangkat Desa Gemantar di Ruang Data Desa Gemantar, pada hari Senin (12/3/2018).

Lembaga Survey Meter kunjungi Desa Gemantar guna pengumpulan data di lapangan dalam rangka kegiatan penelitian yang berjudul studi pengelolaan tanah desa. Bagi lembaga survei yang berkantor di Kota Gudeng Yogyakarta ini, Desa Gemantar menjadi tujuan pertama di Kecamatan Selogiri. Pasalnya, selain Desa Gemantar, ada 4 desa lain yang rencananya akan didatangi, yaitu Desa Singodutan, Desa Pare, Desa Kepatihan dan Desa Pule.

Saat ditanya terkait tujuan survei, ketua rombongan, Eriska Fitriani mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan karya ilmiah yang bertujuan untuk mengetahui aktifitas warga desa terutama dalam pengelolaan tanah bengkok. Mulai dari sistem pengelolaan, jumlah pengelola hingga presentase hasil pengelolaan tanah bengkok menjadi dasar penelitian dari petugas Survey Meter yang berjumlah 5 orang tersebut.

Hari pertama survei yang melibatkan seluruh aparatur Pemerintah Desa Gemantar tersebut menghabiskan waktu sekitar 6 jam. Dimulai dari pengumpulan data desa, pencatatan profil desa, jumlah sarana dan prasarana umum, sistem irigasi, pengelolaan tanah bengkok  hingga nama penggarap. Tak berhenti disitu, aparatur pemerintah desa pun mendapatkan pertanyan seputar biodata masing-masing. Di hari berikutnya, petugas survei berencana mengunjungi lokasi tanah bengkok guna wawancara dengan sejumlah penggarap tanah bengkok. Survei yang berorientasi di desa ini rencananya akan berlangsung selama seminggu.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Tinggalkan Balasan