Gebrak PSN DBD Di Desa Gemantar

Program pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di tingkat desa dan kelurahan di wilayah kerja Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, terus ditingkatkan. Gerakan bersama pemberantasan sarang nyamuk (Gebrak PSN), dan sosialisasi pengendalian penyakit DBD di 10 desa dan 1 kelurahan dilakukan secara periodik. Sejak dua bulan terakhir ini, kegiatan Gebrak PSN dijadwalkan setiap hari Jum’at. Penyuluhan pun dilakukan dalam rangka penyebarluasan program P2 DBD dan PSN. Setidaknya, hingga akhir Maret mendatang, petugas Binwil akan melakukan penyuluhan ke desa dan kelurahan se-Kecamatan Selogiri.

Gerakan bersama pemberantasan sarang nyamuk (Gebrak PSN) di Kecamatan Selogiri didasari dari hasil koordinasi Camat Selogiri dengan Kepala Puskesmas Selogiri, pada hari Rabu (7/2/2018). Melalui Gebrak PSN, akan diadakan penyuluhan keliling dan ditindaklanjuti dengan kegiatan sosialisasi program pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di tingkat desa dan kelurahan.

Kepala Desa Gemantar bersama Aparatur Pemerintah Desa Gemantar dan TIM Gebrak PSN Kecamatan Selogiri

Kader PSN Desa Gemantar

Terkait jadwal kegiatan Gebrak PSN DBD di Kecamatan Selogiri, kali pertama dilaksanakan di Desa Nambangan, pada hari Jum’at (9/3/2018). Untuk Desa Gemantar sendiri mendapat jatah Gebrak PSN pada hari Jum’at tanggal 16/3/2018. Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB dipantau langsung oleh tim dari Puskesmas Selogiri. Tujuh nama yang tergabung dalam tim tersebut adalah Sri Sularti, Anik Suryani, Eko Cahyono, Titik Widyastuti, Seno Raharjo, Emik Ermawati, dan Titik Sumarni.

Usai melakukan pemantauan Gebrak PSN di 7 dusun, tim dari Puskesmas Selogiri nampak mengunjungi Kantor Desa Gemantar. Sedikitnya ada 6 kader PSN dan sejumlah Aparatur Pemerintah Desa yang menyambut kedatanganya. Koordinator tim, Sri Sularti mengungkapkan perihal hasil Gebrak PSN di Desa Gemantar. Sesuai pantauan tim, semua dusun di Desa Gemantar melakukan Gebrak PSN secara serempak. Namun, lanjut Sri, kegiatan ini harus dilakukan secara rutin, minimal sebulan sekali.

Dalam pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya, program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui Gebrak PSN perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun, terlebih lagi pada musim penghujan. Secara umum, masyarakat bisa melakukan pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan cara 3M, yaitu :

  1. Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
  2. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
  3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.
Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan