Masuk 5 Besar Dalam Lomba Desa Di Kabupaten Wonogiri, Inilah Sederet Prestasi Desa Gemantar

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Suasana Ruang PKK Desa Gemantar saat penilaian lomba desa di Desa Gemantar, pada hari Kamis (5/4/2018)

Perda Nomor 5 Tahun 2008 mendasari diadakannya lomba desa di Kabupaten Wonogiri.  Kali ini, mekanisme penilaian lomba dibuat simple, melaui pengisian kuesioner dan pertimbangan prestasi desa yang pernah diraih, maka tim kecamatan yang dikoordinir oleh camat, mengambil skor tertinggi. Dari 251 desa di Kabupaten Wonogiri diperoleh 5 desa yang memiliki skor tertinggi, yaitu Desa Gemantar Kecamatan Selogiri, Desa Sambiroto Kecamatan Pracimantoro, Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro, Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno, dan Desa Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo.

JADWAL PENILAIAN LOMBA DESA

TINGKAT KABUPATEN WONOGIRI

TAHUN 2018

HARI / TANGGAL LOKASI PENILAIAN WAKTU
Kamis, 5 April 2018 Desa Gemantar Kecamatan Selogiri 09.00 WIB s/d Selesai
Senin, 9 April 2018 Desa Sambiroto Kecamatan Pracimantoro 09.00 WIB s/d Selesai
Selasa, 10 April 2018 Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro 09.00 WIB s/d Selesai
Rabu, 11 April 2018 Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno 09.00 WIB s/d Selesai
Kamis, 12 April 2018 Desa Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo 09.00 WIB s/d Selesai

Menilik jadwal yang telah ada, penilaian lomba desa di Kabupaten Wonogiri tahun 2018 ini diawali dari Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, pada hari Kamis (5/4/2018). Tim penilai lomba desa yang tiba lokasi kegiatan sekitar pukul 09.30 WIB, disambut Camat Selogiri beserta segenap Forkompimcam dan Aparatur Pemerintah Desa Gemantar.

Usai pembukaan, Kepala Desa Gemantar, Sunarno, menyampaikan laporan terkait penilaian lomba desa yang tengah berlangsung. Mengawali laporanya, Sunarno mengucapkan terima kasih karena desa yang dipimpinya masuk dalam nominasi lomba desa tahun ini. “Dengan penuh rasa bangga kami menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Wonogiri yang telah menetapkan Desa kami masuk dalam nominasi penilaian lomba desa di Kabupaten Wonogiri Tahun 2018,” ucap Sunarno didepan ±200 undangan yang hadir di Balai Desa gemantar, saat itu.

Kepala Desa Gemantar, Sunarno, saat menyampaikan laporan terkait lomba desa, lokasi di Balai Desa Gemantar.

Kepala Desa 2 periode tersebut juga berharap dengan adanya lomba desa bisa menjadi penyemangat Desa Gemantar dalam berinovasi. “Semoga momen ini menjadi penyemangat bagi Desa Gemantar untuk berinovasi agar terwujud pemerintahan desa yang baik, sehingga berdampak baik pada kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Selogiri, Sigit Purwanto memaparkan terkait prestasi yang pernah diraih oleh desa yang dihuni ±3.290 jiwa tersebut. Pada tahun 2017, Desa Gemantar pernah mendapatkan penghargaan dari Bupati Wonogiri sebagai Desa Berinovasi dalam pengelolaan informasi melalui website desa. Selain itu, Desa Gemantar juga pernah meraih juara III dalam lomba peternakan tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya itu, Desa yang masuk dalam demplot padi sawah dari petroganik tersebut juga mendpatkan hasil panen terbaik se-Karisidenan Surakarta, tepatnya pada Maret lalu.

Camat Selogiri, Sigit Purwanto, saat memaparkan capaian prestasi Desa Gemantar pada penilaian lomba desa.

Selain pertimbangan prestasi, penilaian lomba desa juga menakar tingkat keberhasilan desa dalam pengelolaan berbagai kegiatan di sembilan bidang. Ada beberapa indikator dalam penilaian, diantaranya terkait pemerintahan, kesehatan masyarakat, pendidikan, ekonomi masyarakat, pemberdayaan, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

About gemantar-wonogiri 144 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan