Peran PKK Bagi Desa Gemantar Dalam Penilaian Lomba Desa Di kabupaten Wonogiri

Partisipasi masyarakat dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), menjadi salah satu indikator penilaian lomba desa di Kabupaten Wonogiri Tahun 2018. Tak dipungkiri, keberadaan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) Desa Gemantar, sangat berpengaruh terhadap hasil penilaian lomba desa. Dari 5 desa yang akan dinilai, Desa Gemantar mendapatkan jatah pertama kali, yaitu pada hari Kamis (5/4/2018).

Kelima desa akan kami cek ke lapangan mulai Kamis (5/4) sampai Kamis (12/4) depan,” ungkap Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Lembaga Permasyarakatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kurnia Listyarini, saat ditemui di lokasi kegiatan Desa Gemantar. Tim Penilai berasal dari SKPD yang mumpuni di bidang pemerintahan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, pemberdayaan, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Persiapan guna menghadapi lomba desa telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Gemantar beberapa hari terakhir menjelang penilaian. Hal serupa juga dilakukan oleh puluhan kader yang tergabung dalam PKK Desa Gemantar. Mulai dari pengecatan gedung PKK, penataan data dinding hingga administrasi kegiatan masing-masing Kelompok Kerja (POKJA). Bahkan, Ketua dan pengurus PKK Kecamatan Selogiri juga melakukan pendampingan terhadap PKK Desa Gemantar dalam melakukan berbagai persiapan.

Ketua TP. PKK Kecamatan Selogiri (kanan), saat melakukan pendampingan terhadap PKK Desa Gemantar dalam persiapan lomba desa.

Kades Gemantar, Sunarno, mengapresiasi semangat Tim Penggerak PKK Desa Gemantar yang diketuai oleh Darsi Yuliyanti. Menurutnya, semangat dan kekompakan merupakan hal penting dalam kerja tim. Sunarno menambahkan, persiapan yang ia lakukan bersama aparatur pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa dan masyarakat dalam mengahadapi lomba desa terbilang simpel. “Persiapan yang kami lakukan cukup sederhana dan apa adanya,” ungkap Sunarno disela-sela tanggapanya atas pesan dan kesan yang disampaikan oleh tim penilai dari kabupaten Wonogiri. Sunarno juga mengajak kepada seluruh lembaga kemasyarakatan desa dan masyarakatnya untuk menyikapi hasil penilaian, agar Desa Gemantar menjadi lebih baik lagi.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan