Dari Pemula Hingga Lansia Ikut Jemput Bola Rekam e-KTP

Siang itu, Kamis (19/4/2018), belasan sepeda motor terparkir rapi di samping Balai Desa Gemantar. Sejumlah warga berkerumun diteras ruang perpustakaan sembari membawa foto copy Kartu Keluarga (KK). Sesaat kemudiaan beberapa petugas dari Kecamatan Selogiri pun datang. Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga nampak hadir ditengah-tengah mereka. Deretan kursi di ruangan yang berukuran medium seketika mereka duduki. Kedatangan mereka rupanya akan melakukan rekam KTP-el / e-KTP secara offline melalui program jemput bola rekam e-KTP.

Kartu Tanda Penduduk elektronik atau KTP-el adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik, baik dari segi fisik maupun penggunaanya yang berfungsi secara komputerisasi. Jemput bola rekam e-KTP ke sejumlah desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Selogiri sudah dijadwalkan oleh Camat Selogiri beberapa hari sebelumnya. Demikian pula Kepala Desa Gemantar, Sunarno juga sudah mengisyaratkan kepada masyarakatnya saat melakukan sosialisasi Pilgub Jateng di Dusun Blewah, pada hari Minggu (15/4/2018), malam. Saat itu kades berencana memfasilitasi warganya untuk melakukan jemput bola perekaman e-KTP di Kantor Desa Gemantar. Hal tersebut sudah diwujudkan dengan mengundang 19 warganya yang belum melakukan rekam e-KTP, mulai dari pemula hingga lansia. Pesan yang disampaikan Kades Sunarno bukan tanpa alasan, sebab dalam menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 mendatang, masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya jika sudah melakukan rekam e-KTP.

Ada beberapa syarat dalam pengurusan KTP, diantaranya penduduk sudah berumur 17 tahun, dan sudah masuk dalam daftar Kartu Keluarga. Selain itu, yang bersangkutan juga harus menunjukan surat pengantar dari kepala desa / kelurahan setempat.

Jemput bola rekam e-KTP di Desa Gemantar yang dimulai pukul 13.00 WIB tersebut hanya berlangsung selama 2 jam. Meskipun masih ada beberapa warga yang berhalangan hadir, namun petugas tetap berharap agar warga bisa melakukan rekam e-KTP ke Kantor Kecamatan Selogiri pada jam kerja.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan