Pelantikan Sekaligus Pembekalan KPPS Desa Gemantar

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Usai pelantikan, Ketua PPS Desa Gemantar, Wahyu Anggoro menyerahkan SK KPPS Kepada Katiman (Ketua KPPS TPS IV).

Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dari 7 TPS yang ada di Desa Gemantar resmi dilantik, pada hari Minggu (3/6/2018). Pelantikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Gemantar tersebut bertempat di Kantor Desa Gemantar, dan di hadiri oleh perwakilan PPK Kecamatan Selogiri, Panwaslu Desa, kepala desa dan Ketua BPD Desa Gemantar. Ketua PPS Desa Gemantar, Wahyu Anggoro bertindak atas nama KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Wonogiri, melantik sekaligus mengambil sumpah / janji terhadap KPPS, sore itu.

Pelantikan KPPS di Desa Gemantar merupakan tahapan kegiatan dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018 – 2022. Usai pelantikan, sejumlah KPPS juga mendapatkan pembekalan awal guna persiapan dalam menjalankan tugas pada Pilgub Jateng yang akan digelar pada tanggal 27 Juni mendatang.

Mengawali materi pembekalan, Ketua BPD Desa Gemantar, Sriyono mengungkapkan bahwa KPPS merupakan garda depan suksesnya Pilkada. Maka, butuh ketelitian dalam mencermati setiap berkas. “Saya mohon KPPS dalam menjalankan tugas harus teliti, kerjakan dengan seksama dan jangan terlalu terburu-buru,” papar Sriyono.

“Ketika melakukan penghitungan suara harus betul- betul cermat karena disitu ada pengawas dan saksi-saksi,” imbuh mantan Ketua PPS Desa Gemantar. Sriyono juga menghimbau kepada seluruh KPPS agar selalu berkoordinir dengan anggotanya dalam penulisan hasil penghitungan suara. Menurutnya, saling mengoreksi antar anggota juga penting untuk mengurangi resiko kesalahan.

Dalam kesempatan yang sama, Kades Gemantar, Sunarno juga meminta kepada seluruh KPPS untuk menjalankan tugas dengan baik. Sunarno lebih menekankan terkait kedisiplinan waktu pada saat  pelaksanaan pemungutan suara. Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya kedisiplinan dalam pengisian berita acara dalam pemungutan suara. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, dirinya berharap Pilkada mendatang bisa berjalan lancar.

Pembekalan bagi KPPS rencananya akan dilakukan secara bertahap. Menurut keterangan dari Ketua PPS Desa Gemantar, dalam waktu dekat ia berencana mengumpulkan seluruh KPPS dan memberikan pembekalan lanjutan.

Prosesi pengambilan sumpah / janji KPPS, di Kantor Desa Gemantar.
About gemantar-wonogiri 156 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.