Dalam Semalam, Warga Tangani Dua Kasus Tindak Pidana

Website Desa Gemantar

Gemantar Desa Berinovasi
Warga Dusun Bakalan melakukan simulasi penanganan kasus pencurian pada hari Jum'at (29/06/2018), malam.

 

Simulasi penanganan kasus tindak pidana dilakukan oleh warga Dusun Bakalan, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Sedikitnya ada 2 kasus yang diselesaikan dalam latihan tersebut. Yaitu, perselingkuhan yang masuk kategori kasus tindak pidana ringan. Kedua, pencurian yang masuk kategori kasus tindak pidana murni.

Latihan penanganan kasus oleh warga 3 RT tersebut digelar pada hari Jum’at (29/06/2018), malam. Bertempat di Poskamling RT 003 RW 007, puluhan warga nampak semangat saat melakonkan adegan demi adegan. Tak hanya warga setempat, namun simulasi juga melibatkan FKPM ( Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat). Selain itu, kehadiran Kepala Desa Gemantar dalam kegiatan tersebut juga menambah susana semakin hidup.

Kades Gemantar saat mengikuti simulasi penanganan kasus tindak pidana ringan bersama warganya.

Selain FKPM dan Kades, anggota kepolisian dari Polsek selogiri juga sengaja datang sebagai pelatih. Latihan selama 2 jam tersebut terbagi dalam 2 season, dengan jumlah peserta lebih dari 50 orang. Layaknya kasus sungguhan, dalam kasus perselingkuhan acap kali terdengar suara teriakan warga. Bahkan, dalam adegan kasus pencurian juga tak sedikit warga yang berlarian seolah mengejar pencuri.

Sebagai puncaknya, simulasi penanganan kasus tindak pidana ringan diselesaikan di Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM). Sedangkan untuk penyelesaian kasus pencurian sendiri melibatkan petugas dari Polsek Selogiri.

Simulasi penanganan kasus perselingkuhan. Pelaku dibawa ke poskamling RT 003 RW 007.

Momen langka yang baru pertama kali dilakukan warga ini bukan tanpa alasan. Sebab, simulasi penanganan kasus ini nanti akan dipraktekan pada lomba siskamling pada Minggu (1/07/2018) besuk. Ada 3 kriteria yang masuk dalam penilaian lomba nanti, salah satunya adalah kepiwaian warga dalam menangani suatu kasus. Latihan lanjutan rencananya akan dilakukan malam ini dengan jumlah peserta lebih banyak.

About gemantar-wonogiri 155 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.