116 Desa Pilot Project di Jawa Tengah Ikuti Pelatihan Sistem Informasi Desa

Dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Desa, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, menyelenggarakan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) bagi aparat kabupaten dan desa pilot project di Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan yang diikuti 116 desa dari 29 kabupaten tersebut dilaksanakan pada Senin (2/7/2018) hingga Rabu (4/7/2018).

Bertempat di Krypton Ballroom Hotel NEO Candi Semarang, ratusan operator Sistem Informasi Desa mendapatkan materi pelatihan dari berbagai nara sumber. Dari Panel Dispermades Dukcapil Provinsi jawa Tengah, serta Diskominfo Provinsi Jateng dan staff khusus Gubernur Jateng, dalam kesempatan itu menyampaikan materi kebijakan SID di Jawa Tengah, materi kesiapan jaringan informasi dan teknologi dalam mendukung implementasi SID di Jawa Tengah, dam materi pengembangan Sistem Informasi Desa dalam mendukung kebijakan pembangunan desa di Jawa Tengah.

Selain itu, 116 operator SID pilot project juga mengantongi materi dari Relawan TIK Diskominfo Provinsi Jawa Tengah. Beberapa materi tersebut yaitu terkait praktikum penggunaan dan pembagian kewenangan user dashboard Sideka Jateng, praktikum penggunaan layanan kependudukan dashboard Sideka Jateng.

Ratusan peserta pelatihan Sistem Informasi Desa di Hotel NEO Semarang.

Praktikum penggunaan layanan potensi desa dashboard Sideka Jateng, praktikum penggunaan layanan keunangan dashboard Sideka Jateng, praktikum penggunaan layanan website desa dashboard Sideka Jateng. Materi penutup dari Relawan TIK ialah penyusunan RTL (Rencana Tindak Lanjut).

Pelatihan diharapkan mampu meningkatkan kapasitas aparat yang ada di daerah dalam mengoperasikan Sistem Informasi Desa. Diharapkan pula, desa pilot project melakukan Sistem Informasi Desa sesuai Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2016. Selain itu, desa pilot project juga bisa menjadi pematik bagi desa-desa lain di kabupaten masing-masing.

Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID), dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sudaryanto, M.Si.  Terkait data dalam website, ia mengingatkan pentingnya integrasi dan update data. Pihaknya juga menyampaikan bahwa dalam rangka pengembangan Sistem Informasi Desa, Provinsi Jawa Tengah mendorong implementasi SID bagi 7809 desa di 29 kabupaten.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sudaryanto, M.Si, usai membuka pelatihan SID bagi desa pilot project di Jawa Tengah.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan