Demi Kelancaran Kegiatan, Kades Libatkan Sejumlah Tokoh

Memasuki Bulan Agustus, peningkatan sejumlah kegiatan di Desa Gemantar mulai terasa. Pada Hari Rabu (1/8/2018), malam, suasana Kantor Desa Gemantar mendadak ramai. Dari unsur karang taruna, ketua RT, hingga ketua RW nampak berjubal dipelataran sekretariat.

Berkumpulnya mereka bukan tanpa sebab. Pasalnya, pada malam mereka menghadiri rapat koordinasi yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa Gemantar. Selain itu, pada waktu yang sama juga tengah digelar pertandingan bulutangkis antar dusun dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Idonesia yang ke-73.

Kebetulan, kegiatan secara bersamaan tersebut juga berada ditempat yang berdekatan, yaitu di area komplek Pemerintahan Desa Gemantar. Tak hanya bulutangkis saja, tetapi dua cabang olah raga lainnya yaitu tenis meja dan bola voli juga dipertandingkan dalam kurun waktu yang berbeda. Hal tersebut berdasarkan kesepakatan yang diambil dalam rakor Panitia HUT RI Desa Gemantar pada hari Rabu (13/7/2018), lalu.

Oleh pemerintah desa, rapat koordinasi bersama Ketua RT dan Ketua RW sengaja dilakukan pada awal bulan, guna memantapkan kesiapan sejumlah kegiatan selama Bulan Agustus, terlebih dalam rangka menyemarakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Langkah ini diambil, mengingat banyaknya agenda kegiatan peringatan 17an di tahun ini.

Selain pertandingan dari berbagai cabang olahraga, kegiatan yang tak kalah pentingya yaitu pelaksanaan upacara bendera.  Berbeda dari tahun sebelumnya, bahwa upacara tahun ini tidak lagi dilaksanakan di halaman SDN 2 Tekaran. Namun, akan berpindah di halaman kantor desa. “Upacara bendera akan dilaksanakan di halaman kantor desa, peserta dari masing-masing dusun minimal lima puluh orang,” papar Sunarno, Kepala Desa Gemantar, saat memimpin rapat.

Kades juga menghimbau kepada peserta rapat agar mendukung penuh warganya untuk mengikuti pawai budaya di Kecamatan Selogiri. Pawai yang mengambil start dari Lapangan Jendi, dan finish di Lapangan Kaliancar tersebut rencananya bakal digelar pada hari Minggu (19/8/2018), mendatang. Untuk itu, masing-masing dusun diharapkan menyiapkan tema yang akan diusung pada event tahunan tersebut.

Rakor malam itu rupanya membawa kebahagiaan bagi peserta rapat. Sebab, selain mendapat materi seputar kegiatan HUT RI, Ketua RT dan Ketua RW juga menerima pencairan insentif bulan Juli-Agustus. Demikian pula BPD, ketua beserta anggotanya juga menerima uang tunjangan selama 2 bulan.

Rapat koordinasi berakhir pukul 21.00 WIB. Usai rapat, sebagian besar peserta memanfaatkan waktu untuk menonton pertandingan bulutangkis yang tengah berlangsung di balai desa yang berada tepat disamping ruang rapat.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.