Warna Merah Putih Mulai Mendominasi Wajah Desa

Dahulu, sekitar abad ke-7, kepulauan Indonesia merupakan wilayah perdagangan penting bagi bangsa-bangsa lain. Karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, terutama rempah-rempah.

Indonesia adalah bangsa yang besar. Terdiri dari 17.504 pulau, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Rentetan pulau dari Sabang ujung Aceh sampai Merauke di tanah Papua, terdapat kemajemukan suku bangsa, bahasa, budaya, dan agama di dalamnya.

Kini Indonesia telah memasuki usia kemerdekaannya yang ke 73 tahun. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia  pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan momen bersejarah bagi  bangsa Indonesia. Untuk itu, dalam setiap tahunnya, bulan Agustus menjadi bulan yang kental dengan kegiatan kemeriahan HUT Kemerdekaan RI.

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang Ke-73, Desa Gemantar telah mempersiapkan sejumlah kegiatan. Upaya tersebut telah dilakukan sebelum memasuki Bulan Agustus. Mulai dari penataan lingkungan, menghias fasilitas umum, hingga pelaksanan berbagai lomba. Bahkan, puncak acara bakal digelar pada awal September mendatang.

Sepekan setelah memasuki Bulan Agustus, wajah desa sudah mulai didominasi warna merah  putih. Berbagai ornamen dan tulisan yang mengusung tema HUT RI banyak ditemukan hingga pelosok dusun. Pemasangan umbul-umbul dibahu jalan memberikan kesan meriah. Hal ini menggambarkan semangat warga dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Kecantikan wajah desa tak hanya terlihat di siang hari saja. Namun, pada malam harinya mata akan dimanjakan dengan kemerlip lampu hias yang terpasang di sepanjang jalan yang ada di Desa Gemantar. Meningkatnya aktifitas warga dalam berbagai kegiatan peringatan HUT RI, membuat suasana desa semakin hidup.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.