75 Desa di Wonogiri Ikuti Pelatihan Tingkat Lanjutan Pengembangan SID

SID (Sistem Informasi Desa) merupakan sistem informasi yang diterapkan di tingkat desa. Sistem tersebut dikembangkan oleh pemerintah daerah bersama pemerintah kabupaten dan terintegrasi melalui sistem informasi yang dimiliki.

Selain performa, keberadataan data desa juga menjadi hal penting dalam penyajian informasi melalui website. Data juga merupakan aspekpenting dalam perencanaan, perumusan kebijakan, program, dan pengukuran capaian kinerja pembangunan desa, serta percepatan penanggulangan kemiskinan di daerah.

Melihat hal itu, Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), melakukan pelatihan pengembangan Sistem Informasi Desa bagi sekretaris desa, operator SID, dan pendamping desa, Senin (6/8/2018). Rencananya, pelatihan terbagi menjadi 4 angkatan yang akan berakhir pada 16 Agustus mendatang. Masing-masing desa akan mendapatkan jatah pelatihan selama dua hari.

Kegiatan pelatihan tingkat lanjutan pengembangan Sistem Informasi Desa bagi 208 peserta tersebut dibiayai dari anggaran bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2018.

Kepala Dinas PMD, Semedi Budi Wibowo, usai membuka pelatihan pengembangan Sistem Informasi Desa.

Pelatihan yang diikuti 75 desa di Wonogiri tersebut bertujuan meningkatkan kualitas perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan desa dan kawasan perdesaan. Mengefektifkan pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan desa dan kawasan perdesaan yang dilakukakn oleh pemerintah desa. Meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Khayangan Setda Kabupaten Wonogiri tersebut juga dimaksudkan untuk mengukur penilaian secara obyektif terhadap kemajuan dan pencapaian strategi pembangunan di desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh pemerintah desa.

Untuk memaksimalkan hasil pelatihan, pelaksana kegiatan sengaja mendatangkan pemateri dari pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, dan relawan teknologi, informasi dan komunikasi Provinsi Jawa Tengah. Kedepan, desa diharapkan mampu mengelola dan menyajikan data serta informasi desa dan kawasan perdesaan.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.