Seru, Dari Balita Hingga Manula Ikut Jalan Santai

Ratusan warga Dusun Bakalan, Desa Gemantar, mengikuti jalan santai dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73, pada hari Minggu (12/8/2018). Kegiatan yang diikuti warga 3 RT tersebut diselenggarakan oleh AREMBA (Angkatan Remaja Bakalan). Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan jalan santai yang biasa dilaksanakan di RT 001, kali ini dipusatkan di RT 002 RW 007.

Pengguntingan pita yang dilakukan oleh Sekdes Gemantar, Ibnu Purwanto, menjadi penanda dimulainya jalan santai tersebut. Rute sengaja dipilih melewati jalan tepian dusun. Hal itu dimaksudkan agar warga juga bisa mengamati sejauh mana tingkat perkembangan dusun. Peserta mampu menaklukan rute ± 1 km dengan durasi tak lebih dari 1,5 jam.

Peserta jalan santai Dusun Bakalan saat mengumpulkan nomor undian peserta.

Tak ada batasan usia bagi peserta jalan santai. Dari Balita hingga Lansia berbaur layaknya lautan manusia. Peserta mayoritas menggunakan Kaos bertuliskan Gaselan (Gabungan Sederek Bakalan), yang sengaja dipersiapkan 1 bulan sebelumnya. Dominasi warna hitam abu-abu menyiratkan kekompakan gotong-royong warga Dusun Bakalan.

Sesampainya di tempat finish, para peserta jalan santai disambut dengan lantunan lagu campursari dan dangdut. Suguhan seni dari Rindu Laras sengaja disiapkan panitia untuk mengiringi pengundian doorprize dan hadiah utama.

Secara umum, semua peserta mampu melalui rute dengan santai. Namun tidak bagi beberapa peserta yang berusia lanjut. Pasalnya, dibalik fisiknya yang lemah, mereka butuh perjuangan keras untuk mencapai finish. Oleh karenanya, panitia mengapresiasi usaha mereka dengan memberikan doorprize untuk kategori peserta lansia tertua.

Selain puluhan doorprize yang dibagikan, sedikitnya ada 3 hadiah yang memiliki nilai lumayan besar. Pengundian hadiah utama yang berupa mesin cuci jatuh ke tangan Septi Dwi Lestari (RT 002). Gadis kecil berusia 9 tahun tersebut nampak kegirangan ketika nomor undian 202 miliknya berhasil mendapatkan mesin cuci.

Septi Dwi Lestari bersama ibunya (kiri), mendapatkan hadiah utama berupa mesin cuci.

Tak jauh beda dengan Tri Warsito, wajah sumringah terpancar dari pemuda asal RT 003 saat mendapatkan sepeda mini. Selain pengundian hadiah jalan santai, kesempatan tersebut juga digunakan untuk memberikan hadiah bagi para pemenang lomba anak-anak.

Jalan santai warga Dusun Bakalan tersebut terbilang meriah. Kadus Bakalan, Wawan Hermawan mengapresiasi kinerja panitia yang diketuai oleh Yuli Setyawan. Pihaknya juga berterima kasih kepada Aremba atas terselenggaranya kegiatan jalan santai tersebut.

AREMBA (Angkatan Remaja Bakalan), berfoto bersama usai kegiatan jalan santai.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan