Seperti Apa Persiapan Desa Gemantar Menjelang Visitasi ?

Menjelang visitasi keterbukaan informasi publik, kesibukan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Desa Gemantar sedikit meningkat. Meskipun demikian, secara kesiapan, sebetulnya Desa Gemantar sudah melakukanya sejak lama. Mulai dari unggahan perencanaan, penganggaran, bahkan capaian kegiatan sudah dikemas pada menu Website Desa Gemantar. Selain itu, dokumen dalam bentuk hard copy juga tersusun dalam wadah arsip.

Tim PPID Utama Kabupaten Wonogiri saat mengecek dokumen milik Desa Gemantar sebelum pelaksanaan vistasi, Rabu (17/10/2018).

Terlebih lagi, sejak awal bulan, PPID Utama sudah mendatangi Desa Gemantar untuk berkoordinasi terkait persiapan pemeringkatan terhadap keterbukaan informasi publik di Wonogiri. Kedatangan PPID Utama dimaksudkan untuk musyawarah penentuan SOP (Standar Operasional Prosedur) Pelayanan informasi publik dan DIP (Daftar Informasi Publik).

Kasi Informasi Diskominfo Kabupaten Wonogiri, Purbaningrum (kanan), dengan didampingi Ponco Hawarno (tengah), dan Kasi PPM Kecamatan Selogiri (kiri), saat pemaparan diawal musyawarah penentuan Daftar Informasi Publik di Desa Gemantar (17/10/2018).

SOP dan DIP sangat dibutuhkan dalam pelayanan informasi publik. Hal ini bertujuan agar implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dapat terwujud secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi dengan baik.

Suasana Musyawarah penentuan DIP dan SOP di Kantor Desa Gemantar.

Visitasi oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah terhadap Desa Gemantar dilakukan pada Rabu (17/08/2018), malam. “Jadi Kami dari Komisi Informasi Provinsi mendapat tugas untuk melakukan visitasi di Desa Gemantar yang diikutsertakan dalam penilaian PPID Pemerintahan desa,” ungkap Wijaya, koordinator Tim Visitasi Verifikasi Pemeringkatan Badan Publik Tahun 2018 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Foto bersama usai Verifikasi Pemeringkatan Badan Publik di Desa Gemantar.

Untuk Kabupaten Wonogiri sendiri, ada 2 desa yang diikutsertakan dalam visitasi, yaitu Desa Gemantar dan Desa Sendang. Selain itu, pemeringkatan juga dilakukan di RSUD Soediran Mangun Sumarso, DKK, dan PPID Utama Kabupaten Wonogiri. Sedikitnya butuh waktu 2 hari bagi tim untuk melakukan visitasi di Kota Gaplek tersebut.

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan