Masuk Nominasi Website Informatif, Desa Gemantar Raih Penghargaan KIP Award 2018

Sistem Informasi Desa (SID), dalam bentuk website desa, mampu mengantarkan Desa Gemantar meraih sejumlah penghargaan. Kali ini, desa yang terletak di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri ini, berhasil mendapatkan Penghargaan KIP Award Untuk Kategori Badan Publik Desa Website Informatif.

Pembacaan nominasi Badan Publik Desa Website Informatif Penerima Penghargaan KIP Award Tahun 2018.

Penghargaan diterima pada acara Malam Penganugerahan Badan Publik Tahun 2018, di Grand Rama Shinta, Hotel Patrajasa, Jalan Sisingamangaraja, Wonotingal, Candisari, Kota Semarang. Ajang bergengsi bagi Badan Publik di Jawa Tengah tersebut digelar pada hari Jum’at (7/12/2018).

Penghargaan bagi sejumlah Badan Publik tersebut didasari dari hasil visitasi oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Untuk Desa Gemantar sendiri, visitasi dan pemeringkatan dilakukan pada hari Rabu (17/8/2018), malam.

Kepala Desa Gemantar, Sunarno, bersama Kades lainnya, saat menerima Penghargaan KIP Award Tahun 2018.

Untuk berada di level ini, tentu tak bisa didapat secara instan. Proses pembuatan desain website yang apik dan pengemasan konten yang menarik menjadi syarat mutlak dalam menyajikan informasi. Data dukung yang akurat juga menjadi syarat penting dalam membangun sebuah website yang informatif.

Kades Gemantar, Sunarno, yang menerima penghargaan langsung pada malam penganugerahan tersebut menyampaikan, bahwa keterbukaan informasi publik yang ia terapkan di desanya adalah dengan memberikan seluruh informasi terkait anggaran, terlebih tentang penggunaan Dana Desa. Disamping itu, daftar informasi publik lainnya juga tersemat dalam situs resmi kebanggaan Pemerintah Desa Gemantar tersebut.

Selain Desa Gemantar, Penghargaan KIP Award 2018 Kategori Badan Publik Desa Website Informatif juga diberikan bagi 3 desa lainnya yaitu, Desa Kemiri Barat (Batang), Desa Dermaji (Banyumas), dan Desa Ngemplak (Temanggung). Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah desa, yang mampu menyajikan jenis informasi publik, sesuai standar informasi publik.

Sebagai desa pertama kali di Wonogiri yang menggunakan ekstensi domain desa.id, Desa Gemantar terus melakukan inovasi dalam mengelola website desa. Terbukti, penghargaan yang didapat Desa Gemantar, terkait pengelolaan SID dalam bentuk website, kali ini bukanlah yang pertama.

Pasalnya, pada tahun lalu, Desa Gemantar juga mendapatkan penghargaan dari Bupati Wonogiri, untuk kategori Desa Berinovasi dalam pengelolaan informasi melalui website desa. Piagam penghargaan diterima pada saat acara Bursa Inovasi Desa di Alun-alun Giri Kridha Bakti Kabupaten Wonogiri, Kamis (14/12/2017).

Facebook Comments

gemantar-wonogiri

Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan