Kiprah Mahasiswa Universitas Bantara di Desa Gemantar

Sejumlah Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara, saat mempraktekan pembuatan kolam lele dalam program KKN di Dusun Bakalan, Desa Gemantar, pada hari Sabtu (14/09/2019), siang.

Desa Gemantar merupakan salah satu desa di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, yang dijadikan tempat KKN (Kerja Kuliah Nyata) bagi Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Bantara), Sukoharjo.

Sejak 5 Agustus lalu, sebanyak 8 mahasiswa melaksanakan KKN di Desa Gemantar, dengan tema Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Potensi Desa.

Serah terima Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara, dari Dosen Pembimbing kepada Pihak Pemerintah Desa Gemantar, di Kantor Desa Gemantar, Senin (5/08/2019).

Pengabdian Tematik Periode I TA. 2019/2020, dimanfaatkan oleh Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara, untuk mengembangkan sejumlah potensi yang ada di Desa Gemantar, khususnya di Dusun Ngaliyan, Dusun Kenangan, dan Dusun Bakalan.

Dusun Bakalan, sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Maka, musim kemarau akan berpengaruh terhadap penghasilan warganya. Sebab, warga tidak bisa bercocok tanam. Secara otomatis, waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja justru banyak yang terbuang.

Untuk mengurai permasalahan tersebut, Mahasiswa Universitas Veteran Bantara, memberikan pelatihan budidaya lele pada Sabtu (14/9/2019) dan fermentasi pakan ternak, Minggu (15/9/2019).

Pelatihan diberikan dengan mempertimbangan hasil pemetaan potensi dusun. Budidaya lele sengaja diberikan karena masih terdapat banyaknya lahan pekarangan kosong di Dusun Bakalan.

Mahasiswa KKN bersama warga Dusun Bakalan sedang memasang terpal sebagai media pembuatan kolam lele.

Selain itu, potensi sumber daya manusia juga menjadi pertimbangan khusus dalam memilih program tersebut.

Pelatihan pembuatan pakan fermentasi juga dirasa perlu. Mengingat, melimpahnya jerami dan gedebok (Pohon Pisang) di dusun yang terdiri dari 3 RT tersebut.

Pemilihan jerami dan gedebok sebagai bahan dasar pembuatan pakan ternak fermentasi akan memberikan nilai ekonomis dalam usaha ternak.

Pakan ternak fermentasi diharapkan menjadi pakan alternatif yang lebih praktis. Selain itu, cara tersebut diharapkan mampu mencukupi asupan nutrisi bagi ternak.

Selain di Dususn Bakalan, pelatihan fermentasi pakan ternak juga dilaksanakan di Dusun Kenangan. Sedangkan di Dusun Ngaliyan, rencananya akan mendapatkan program renovasi kolam dan penebaran bibit lele.

Kegiatan tersebut diharapkan bisa ditularkan ke sesama warga. Sehingga, program akan terus berlanjut meskipun masa KKN telah berakhir. Jika berhasil, tentu hal ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara rencananya akan melaksanakan KKN hingga 5 Oktober mendatang.

Facebook Comments
About gemantar-wonogiri 198 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan