Gemantar Raih Juara 3 Dalam Lomba Perpustakaan

Sekretaris Desa Gemantar, Ibnu Purwanto (kiri), saat menerima Piagam Tanda Penghargaan Juara III Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Kabupaten Wonogiri Tahun 2019, di depan kantor Desa Gemantar, Senin (21/10/2019), siang.

gemantar.desa.id, Wonogiri- Lomba perpustakaan desa/kelurahan Tingkat Kabupaten Wonogiri Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri diawali pada bulan April lalu. Teknis penilaian lomba dilakukan secara bertahap.

Peserta lomba wajib mengisi kuesioner dan mengirimkanya ke Bidang Perpustakaan. Setelah itu, Panitia melakukan verifikasi terhadap kuesioner tersebut. Tahap berikutnya adalah visitasi berdasarkan verifikasi. Melalui mekanisme tersebut, juri menentukan pemenang dari lomba perpustakaan desa/kelurahan Tingkat Kabupaten tersebut.

Pengelola Perpustakaan Desa Gemantar (tengah), saat menerima kunjungan dari Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri, di kantor Desa Gemantar.

Tahun ini, Desa Gemantar merupakan salah satu desa yang mengikuti lomba perpustakaan desa/kelurahan Tingkat Kabupaten Wonogiri. Tidak ada persiapan yang berlebih dalam mengikuti lomba tersebut.

Karena pada dasarnya selama ini pengelolaan Perpustakaan Desa Gemantar memang sudah berjalan. Setelah melalui prosesi penjurian, akhirnya Desa Gemantar berhasil mendapatkan Juara 3.

Keberhasilan tersebut bukan suatu hal kebetulan. Sebab, selama ini pengelolaan Perpustakaan Desa Gemantar terus diupayakan. Meskipun pengunjungnya belum banyak, namun keberadaan Perpustakaan Desa Gemantar tetap dipertahankan sesuai fungsinya.

Terkait Juara 3 yang disematkan untuk Perpustakaan Desa Gemantar tersebut, Pengelola Perpustakaan Desa Gemantar, Dwi Wulandari, merasa senang. Dirinya berharap, kedepanya Perpustakaan Desa Gemantar bisa disediakan tempat yang lebih strategis. Mengingat, saat ini, perpustakaan masih menempati ruangan di lantai 2 Sekretariat Kantor Desa Gemantar.

“Harapan kedepan supaya ada tempat sendiri buat perpustakaan,” ucap Wulandari. Ia pun mencontohkan, perpustakaan bisa dikondisikan dekat dengan TK dan Kelompok bermain.

“Contohnya perpustakaan bisa lebih dekat dengan TK dan Kelompok Bermain sehingga wali yang mengantar anak –anaknya sekolah bisa beristirahat sambil membaca buku di perpustakaan,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Desa Gemantar, Ibnu Purwanto. Lebih lanjut ia berharap agar keberadaan perpustakaan desa bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik.

Menurutnya, perpustakaan desa bisa menjadi wadah dalam memperoleh ilmu, informasi, dan pengetahuan masyarakat desa. Sehingga, bisa meningkatkan harkat hidupnya, baik dari sisi ekonomi maupun sosial.

Facebook Comments
About gemantar-wonogiri 198 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan