BPBD Kabupaten Wonogiri Sukses Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir di Desa Gemantar

gemantar.desa.id, Wonogiri- BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Wonogiri sukses menggelar simulasi penanggulangan bencana banjir di Desa Gemantar, Sabtu (2/11/2019). Simulasi yang dilaksanakan di Dusun Nanggan, Desa Gemantar tersebut diikuti lebih dari 300 peserta.

Peserta terdiri dari unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah), TNI/Polri, Aparatur Pemerintah Desa, anggota FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana), sukarelawan difabel, dan warga Dusun Nanggan. Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, juga hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Ratusan warga berkumpul di tenda darurat pada pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana banjir di Dusun Nanggan, Desa Gemantar.

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana banjir bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat apabila terjadi bencana banjir, terutama pada musim penghujan.

Sebagaimana diketahui, bahwa Dusun Nanggan, Desa Gemantar sebelumnya kerap menjadi langganan banjir ketika musim penghujan tiba.

Simulasi penanggulangan bencana banjir dimulai pukul 08.30 WIB. Diawali dengan rapat koordinasi, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan kepada seluruh peserta.

Rapat persiapan pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana banjir.

Sesaat kemudian, warga dikondisikan pulang kerumah masing-masing. Setelah terdengar suara sirine, warga kembali lagi ke tempat semula. Sejumlah anak dan warga yang sakit pun seakan tak mau ketinggalan.

Mereka berlarian menuju lapangan bola voli Dusun Nanggan yang menjadi pusat kegiatan. Layaknya penanganan korban bencana banjir, sejumlah petugas pun berusaha mengevakuasi dan memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak banjir.

Kendaraan yang mengevakuasi korban banjir nampak berlalu-lalang diantara kerumunan warga. Simulasi penanggulangan bencana banjir berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Facebook Comments
About gemantar-wonogiri 201 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan