Kekeringan Berdampak Pada Wajah Kantor Desa

gemantar.desa.id, Wonogiri- Kantor Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri tergolong luas. Tak hanya kantor desa, di dalamnya juga berdiri beberapa bangunan seperti gedung TK, Kelompok Bermain Lestari, PKK, PKD, BPD, BKM, dan balai desa.

Ditengah-tengah kompleks perkantoran tersebut terdapat sebuah taman, tepatnya di halaman kantor desa. Keberadaan taman tersebut tentu merupakan bagian dari wajah kantor desa.

Sejak bulan Juni lalu, taman kantor sempat dipenuhi berbagai macam tanaman bunga. Namun, tanaman lebih didominasi bunga celosia plumosa. Mulai dari warna merah, kuning, ungu, dan orange.

Perangkat Desa Gemantar sedang memasang tempat sampah dipinggiran taman.

Bunga celosia menyukai intensitas cahaya matahari penuh. Itulah sebabnya bunga celosia sengaja ditanam sebagai penghias halaman kantor desa.

Selain bertujuan mempercantik wajah kantor, bunga tersebut sengaja ditanam dalam rangka kegiatan Lomba K3 Dinas/Instansi Tingkat Kecamatan Selogiri. Lomba dilaksanakan pada pertengahan Agustus.

Dalam lomba tersebut, Desa Gemantar berhasil meraih juara 1. Hal itu sepadan dengan apa yang nampak saat itu. Taman begitu asri dan menarik. Tak jarang masyarakat luar desa sengaja berkunjung dan berfoto disana.

Namun, kondisi taman tersebut kini telah berubah. Banyak tanaman yang kering bahkan hanya tersisa beberapa saja. Kurangnya air dan meningkatnya suhu panas mengakibatkan sebagian tanaman cepat layu.

Musim kemarau yang panjang berpengaruh pada volume sumber air di kantor desa. Sehingga, kebutuhan air pada tanaman pun juga kurang tercukupi. Tentunya, kekeringan saat ini berdampak pada wajah kantor desa.

Pj.Kepala Desa Gemantar (kiri), saat menerima piala sebagai Juara 1 Lomba K3 Dinas/Instansi Tingkat Kecamatan Selogiri.
Facebook Comments
About gemantar-wonogiri 198 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan