Lakukan Deteksi Dini Terhadap Penyakit Tidak Menular, Desa Gemantar Bentuk Posbindu PTM

Kader Posbindu PTM Desa Gemantar, saat melakukan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular.

Gemantar.desa.id, Wonogiri – Sejumlah nama tergabung dalam kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Desa Gemantar. Mereka resmi dilantik melalui kegiatan Launching Posbindu PTM Desa Gemantar, pada hari Senin (25/11/2019), di Kantor Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Pembentukan Posbindu PTM bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam upaya deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular.

Keberadaan Posbindu PTM diharapkan mampu menjalin kerjasama dengan pemerintah dan tokoh masyarakat dalam upaya deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular yang berbasis masyarakat.

Sriyani, Pj. Kades Gemantar (kiri), saat membuka acara Launching Posbindu PTM Desa Gemantar.

Posbindu PTM merupakan wujud upaya pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pencegahan dan pengendalian faktor resiko penyakit tidak menular.

Usai Launching Posbindu PTM, kegiatan dilanjutkan dengan deteksi dini penyakit tidak menular terhadap sejumlah warga yang datang.

Saat itu, warga bisa memanfaatkan layanan cek gula darah, tekanan darah, kesehatan jiwa, mata dan telinga.

Warga merasa senang dengan kegiatan tersebut. Sebab, warga bisa melakukan pencegahan terhadap resiko penyakit tidak menular. Selain tempatnya dekat,  pada kegiatan hari itu, warga juga bisa mendapatkan pelayanan secara gratis.

Ketua Posbindu PTM Desa Gemantar, Siti Untari, berencana akan mengembangkan kegiatan serupa ke masing-masing dusun. Hanya saja, ia bersama kader yang lain perlu berembuk terlebih dahulu terkait teknis pelaksanaan.

Warga memanfaatkan layanan gratis cek kesehatan mata di Posbindu PTM Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Pada kesempatan yang sama, petugas dari Puskesmas Selogiri, Sri Sularti, sempat menyampaikan terkait teknis dan manfaat dari hasil deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular melalui Posbindu PTM.

Pihaknya menegaskan bahwa hasil deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular dari Posbindu PTM juga bisa digunakan untuk tidaklanjut pengobatan ke PKD maupun Puskesmas.

Pj.Kades Gemantar (kiri), menyerahkan SK kepada Ketua Posbindu PTM Desa Gemantar, Siti Untari (kanan).
Facebook Comments
About gemantar-wonogiri 207 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan