Dinas PMD Kabupaten Wonogiri Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Aset Desa

Sejumlah pengelola aset desa ikuti rapat koordinasi di Aula Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Wonogiri, pada hari Jum’at (29/11/2019), siang.

Rapat dibuka langsung oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo.

Melalui rakor, mereka sengaja diberikan materi terkait kebijakan pengelolaan aset desa. Mengingat, saat ini disinyalir masih terdapat beberapa desa yang harus lebih serius dalam mengelola aset desa.

Banyak faktor yang menyebabkan lemahnya pengelolaan aset desa. Diantaranya, belum ada kesesuaian dengan aturan yang baku. Selain UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,aset desa secara rinci diatur dalam Permendagri (Peraturan menteri Dalam Negeri) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa.

Rendahnya respon dari pengelolaan aset desa juga dipicu karena data dukung yang minim. Data dukung yang dimaksud seperti peta desa, ugeran, dan sertifikat.

Usai dilakukanya rakor, Zygma Idatya Fitha, berharap agar desa bisa lebih tertib dalam mengelola aset desa.

Seperti diketahui bahwa, aset desa adalah barang milik desa yang berasal dari kekayaan asli desa,dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), atau perolehan lainnya yang sah.

Facebook Comments
About gemantar-wonogiri 201 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan