Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur Pemerintah Desa Gemantar

gemantar.desa.id – Pemerintah Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, gelar bimbingan teknis (Bintek), pada hari Selasa (31/12/2019). Kegiatan di akhir tahun tersebut bertujuan untuk peningkatan kapasitas SDM Aparatur Pemerintah Desa Gemantar.

Ada 4 narasumber yang sengaja dihadirkan pada bintek tersebut. Drs.Sigit Purwanto,M.Pd. (Camat Selogiri), Satya Graha (TAPD PMD), Khusnaini (PD), dan Sri Wiyono (PDTI).

Narasumber menyampaikan materi terkait pembagian bidang kegiatan dan tugas pokok fungsi (TUPOKSI) pelaksana kegiatan anggaran pemerintah desa dan pembagian tugas Pengelola Keuangan Desa (PPKD), dalam Sistem Keuangan Desa (Siskeudes 2.0).

Selain itu, peserta juga menerima materi tentang pengadaan barang / jasa di desa dan mendorong partisipasi masyarakat dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

Kegiatan yang dikhususkan bagi Perangkat Desa Gemantar tersebut dibiayai dari APB Desa (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Gemantar Tahun 2019. Sumber dana sebesar Rp. 5 juta bersumber dari Dana Desa.

Meskipun pelaksanaan dikemas dalam kesederhanaan, namun hal itu tak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti bintek. Kepala Desa Gemantar, Sunarno, menyemangati perangkatnya agar mengikuti bintek dengan seksama. “Mohon perangkat desa mengikuti dengan serius sehingga bisa menerima materi dari narasumber dengan baik”, pesan Sunarno.

Kepala Desa Gemantar, Sunarno, saat membuka kegiatan bimbingan teknis (Bintek), pada hari Selasa (31/12/2019).
About gemantar-wonogiri 208 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*