Terkait RPJM Desa, Pembangunan Desa Ibarat Perjalanan Sebuah Bus

Camat Selogiri, Drs.Sigit Purwanto,M.Pd (kiri), dan Satya Graha, (TAPD PMD) (kanan), saat menjadi narasumber pada Bintek Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur Pemerintah Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

gemantar.desa.id – Pembangunan desa ibarat perjalanan subuah bus. Gambaran tersebut diutarakan oleh Satya Graha (TAPD PMD), saat menjadi narasumber dalam bintek peningkatan kapasitas SDM Aparatur Pemerintah Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Bintek dilaksanakan selama 1 hari, di kantor Desa Gemantar, Selasa (31/12/2019).

Satya memaparkan materi yang berkenaan dengan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Desa (RPJM Desa). Materi tersebut sengaja dipilih mengingat Desa Gemantar merupakan salah satu desa dari 186 desa di Kabupaten Wonogiri yang harus membuat RPJM Desa mulai tahun ini. Lebih tepatnya, 3 bulan setelah kepala desa dilantik pada 16 Desember 2019.

RPJM Desa adalah Rencana Kegiatan Pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun. Didalamnya memuat visi dan misi  Kades (Kepala Desa), dan arah  kebijakan pembangunan desa.

Satya menjelaskan bahwa visi misi biasanya sudah dibuat sejak awal. Kendati demikian, visi misi masih bisa diubah sesuai kebutuhan masyarakat.

Satya Graha (TAPD PMD), menyampaikan materi terkait Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan RPJM Desa.

Menurutnya, kekompakan kepala desa dan perangkatnya akan memberikan kontribusi besar dalam mewujudkan visi misi. Selain itu, desa juga butuh orang yang mempunyai mimpi besar tentang desanya, dan bisa mewujudkan menjadi nyata. Satya menyebut, kriteria tersebut adalah sebagai pemimpi desa.

Facebook Comments
About gemantar-wonogiri 208 Articles
Desa Berinovasi Dalam Pengelolaan Website Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan