UP2K PKK Cairkan Bantuan Usaha Permodalan Untuk 15 Penerima Manfaat

Ibnu Purwanto 09 November 2017 10:48:10 WIB

Desa Gemantar merupakan desa persawahan yang letaknya  berada di wilayah perkotaan dengan luas 295, 19 Ha. Selain bidang pertanian, masyarakat Desa Gemantar sudah banyak yang merintis usaha kecil dan menengah.

Guna mendorong percepatan pembangunan di sektor ekonomi, maka bantuan usaha permodalan sangat dibutuhkan. Keberadaan UP2K-PKK di Desa Gemantar diharapkan bisa menjadi solusi permodalan bagi usaha masyarakat, terutama warga miskin sebagai pelaku usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya.

Berdasarkan hasil musyawarah desa (Musdes) pada bulan Mei lalu, Desa Gemantar Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri merencanakan penggunaan Dana  Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa Tahun 2017 , yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tegah TA. 2017, berupa Kegiatan Peningkatan Ketahanan Masyarakat Desa, yaitu Pemberian modal bagi UP2K-PKK. Adapun dana yang dibutuhkan total sebesar Rp. 30.540.000,- yang berasal dari rencana swadaya masyarakat sebesar Rp. 540.000,- dan  bantuan keuangan kepada pemerintah desa  sebesar Rp. 30.000.000,-.

Maksud dari kegiatan ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan  perdesaan guna kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat, dengan tujuan :

  1. Mendukung terwujudnya proses perencanaan pembangunan partisipatif masyarakat dengan semangat gotong royong masyarakat dalam kegiatan peningkatan ketahanan masyarakat desa ;
  2. Mendorong terwujudnya desa berdikari di Jawa Tengah
  3. Meningkatkan ketersediaan dan kemanfaatan Peningkatan Ketahanan Masyarakat Desa .

Kegiatan pemberian modal bagi UP2K-PKK yang dikerjakan oleh TPK secara swakelola tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat dengan indikasi meningkatnya Ketahanan Masyarakat Desa berupa usaha kecil dan menengah, terpenuhinya kebutuhan masyarakat  akan modal usaha, serta tumbuhnya semangat gotong royong dan partisipasi masyarakat dalam membangun desanya.

Untuk mewujudkan rencana kegiatan tersebut, maka UP2K PKK Desa Gemantar mencairkan bantuan usaha permodalan untuk 15 penerima manfaat, pada hari Rabu (8/11/2017), di Ruang Data Desa Gemantar. Agar Kepala Desa bisa mengetahui hasilnya, maka TPK akan melaporkan pelaksanaan dan perkembangan kegiatan secara periodik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Humas Kabupaten Wonogiri

Website PKK Desa Gemantar

Lokasi GEMANTAR

tampilkan dalam peta lebih besar