PENGARAHAN PERANGKAT DESA SE-KABUPATEN WONOGIRI HASIL PENGISIAN TAHUN 2017

jack 22 Desember 2017 17:25:30 WIB

Pada tgl 20 desember 2017 pendopo kabupaten dipadati oleh 695 perangkat desa baru yang berasal dari hasil pengisian perangkat tahun 2017. Acara yang bertajuk Pengarahan Perangkat desa  se-kabupaten Wonogiri hasil pengisian Tahun 2017 dihadiri oleh Bupati dan wakil Bupati, 280 jajaran forkompimda, Kapolres Wonogiri, Sekda Wonogiri, Wakil Kejaksaaan Negeri Wonogiri, Kepala UPD terkait, Ketua DPRD Wonogiri, Kepala Cabang Bank Jateng, Kodim 028, serta 695 perangkat desa baru.

Berdasarkan hasil laporan pengisian perangkat desa tahun 2017 dikabupaten Wonogiri meloloskan 695 orang dengan kualifikasi  pendidikan  470 orang SLTA, 38 orang Diploma, dan 227 Sarjana. Dari 226 Desa di Wonogiri yang membuka 718 formasi dengan jumlah pelamar 3590 didapati hasil terisi 695 formasi dan yang kosong 23 formasi yang berasal dari 11 kecamatan. Di samping itu, ada 6 Desa yang mengikuti seleksi lanjutan dikarenakan ada pelamar yang mendapatkan nilai yang sama. Dalam sambutannya, Bupati Wonogiri Joko Sutopo memaparkan mengenai pengisian perangkat Desa di Kabupaten Wonogiri. Dalam rangka mengimplementasi UU Desa no. 06 tahun 2014 tentang pengelolaan Desa, Kabupaten Wonogiri atas hasil diskusi dengan jajaran forkompimda diminta untuk menyelenggarakan penjaringan yang bersih. Momentum tersebut dimanfaatkan untuk bersama-sama membangun Wonogiri yang lebih baik, akuntabel, dan betul-betul disajikan kepada masyarakat secara transparan.

 

Dalam hal ini para kepala sektor wilayah, koramil, camat sangat berjasa untuk menjaga keabsahan dan independensi dalam proses seleksi yang terbuka dan melibatkan seluruh kalangan serta dalam menciptakan situasi yang kondusif dalam penyelenggaraan pengisian perangkat desa. Pesan Bupati untuk perangkat baru ini diharapkan dapat meletakkan pondasi untuk membangun dan mengabdi kepada masyarakat Wonogiri. Dan yang terpenting, 695 perangkat desa ini adalah hasil seleksi sistem berbasis profesionalitas adalah bentuk komitmen dan program baru untuk mempertanggungjawabkan kinerja dan untuk membangun masyarakat Wonogiri menjadi lebih baik. Tanggung jawab Perangkat baru ini semakin berat karena dituntut untuk memberi kontribusi/ pemikiran atas tata kelola dana desa yang bersumber dari APBN, serta berperan aktif untuk menjaga keberagaman di Kabupaten Wonogiri. Untuk itu, kompensasi yang diminta oleh Bupati Wonogiri pada perangkat desa yang baru untuk bersama-sama merubah stigma Wonogiri yang dipersepsi sebagai wilayah yang miskin.(pinkan)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Video Profil Desa Gemantar

Profil Desa Gemantar HTML (EMBED)

Lokasi Desa Gemantar

Lokasi Desa Gemantar (EMBED)

Link Terkait

Lokasi GEMANTAR

tampilkan dalam peta lebih besar